Menu

April Jasmine Dicibir Netizen Gegara Sering Joget Tiktok, Istri Ahli Agama Itu Cuek Bebek: Biasa Aja!

24 September 2021 17:40 WIB

April Jasmine (Instagram/apriljasmine85)

HerStory, Depok —

Keluarga Ustaz Solmed dan April Jasmine belakangan menjadi perbincangan. Semua berawal karena April Jasmine mendapat cibiran dan kritikan dari netizen setelah mengunggah video joget di aplikasi TikTok.

Ketika ditemui oleh awak media, April Jasmine akhirnya buka suara menanggapi ramainya hujatan yang dilayangkan kepadanya. Hal itu terlihat dalam video yang diunggah di kanal Youtube KH Infotainment.

April Jasmine sendiri mengaku tak kapok dengan komentar pedas netizen saat dirinya berjoget TikTok. Menurut istri Ustaz Solmed ini, pro kontra netizen merupakan hal yang biasa. Dalam kesempatan itu, April menegaskan dirinya hanya mencari ridho dari suami, bukan orang lain.

"Biasa aja, ini hidup saya. Alhamdulillah suami ridho saya ikutin," kata April Jasmine.

"Itu kan tugas saya cari ridho suami aja dan ya tetap aja ada orang suka, ada orang nggak suka, itu mah sudah jadi bagian kehidupan," sambungnya.

Sebagai suami, Ustaz Solmed memberikan pembelaan kepada sang istri. Ustaz Solmed menyebut joget yang dilakukan istrinya merupakan gerakan yang biasa dan sama halnya dengan nyanyian 'Potong Bebek Angsa'.

"Saya melihat apa yang dilakukan oleh istri saya. Misalnya dengan gerakan sangat simple, sangat sederhana," ucap Ustaz Solmed.

"Itu kan kayak dulu kita tuh nyanyi Potong Bebek Angsa. Tangan ke kanan, ke kiri, kaki ke kanan, kaki ke kiri," tambahnya.

Ia kemudian meminta para netizen untuk melihat persoalan dengan jernih. Ia mengatakan permasalahan tentang tarian sudah pernah menjadi pembahasan para ulama.

"Jadi yang salah itu apanya? Gerakannya atau lagunya atau TikToknya? Kita semua harus jernih dalam memandang dan melihat persoalan. Jauh sebelum hari ini, ulama-ulama kita sudah membahas tarian dan itu termasuk kategori ikhtilaf," jelas Ustad Solmed.

"Di sana ada pintu ijtihad, di sana ada persoalan furu'iyah. Mereka semua berbeda, tapi mereka tidak saling mencela, tidak saling memaksa," tuturnya.

Bermula dari unggahan di aplikasi TikTok yang memperlihatkan April Jasmine dan ketiga rekannya mengikuti tren menari diiringi dengan lagu. Dalam video itu, tampak April Jasmine mengenakan gamis panjang berwarna putih yang dilapisi jaket jeans, lengkap dengan topi dan tas.

Sebagai istri Ustaz Solmed, perilaku April tersebut menuai kritik pedas dari netizen. Ustaz Solmed memberikan pembelaan kepada April Jasmine dengan mengunggah hukum menari dalam Islam. Menurut ayah tiga anak ini, hal tersebut boleh dilakukan namun dengan catatan. 

"Di sini aja ngumpulnya nih yang mau baca hukum menari, senam, joget. Biar nggak ngabisin kuota. Intinya apa? Boleh dengan catatan ya," tulis Ustad Solmed.

Di akhir unggahan tersebut, ia justru mengajak para netizen untuk membuat konten TikTok. Bahkan ia menyebut gerakan yang dilakukan April Jasmine layaknya seperti senam dan masih dalam batas wajar.

"Mari kita TikTokan, itung itung kaya senam SKJ zaman dulu," jelasnya.