Menu

5 Bahaya Cegukan yang Jarang Diketahui

24 September 2021 21:20 WIB

Ilustrasi cegukan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Sukabumi —

Beauty disini pastinya pernah mengalami cegukan dong? Tapi tahu gak kalau cegukan ternyata merupakan pertanda dari penyakit tertentu, lho

Cegukan umumnya dapat hilang dengan sendirinya dan tak perlu dikhawatirkan. Tetapi berbeda jika cegukan terjadi secara terus menerus. 

Cegukan merupakan kondisi dimana diafragma mengalami kontraksi atau tegang dan dapat terjadi secara mendadak serta sulit untuk dikendalikan. 

Secara umum penyebab dari cegukan bisa dari beberapa faktor seperti makan yang terlalu cepat atau banyak, minuman bersoda, perubahan suhu secara mendadak di kerongkongan, emosi berlebihan, atau mengonsumsi alkohol. 

Lantas jika cegukan berlangsung lama dan terus-menerus, apa yang harus diwaspadai? Mari kenali 5 penyakit berikut ini yang menyebabkan cegukan terus-menerus, seperti dilansir dari laman hellosehat.com (24/9/2021)

1. Pembuluh darah otak mengalami kerusakan

Cegukan kronis yang berlangsung terus-menerus bisa disebabkan karena adanya kerusakan pembuluh darah otak. Seperti stroke atau lupus eritematosus sistemik.

2. Radang, cedera, dan tumor sistem saraf pusat

Cegukan berkepanjangan bisa juga disebabkan karena adanya radang, cedera, dan tumor pada saraf otak. Bahkan, seseorang yang mengalami hal ini baru bisa menghilangkan cegukan setelah melakukan operasi lesi batang otak.

3. Kanker

Pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi umumnya akan mengalami cegukan terus-menerus. Terlebih ada kemungkinan juga sel kanker yang mendorong otot diafragma dan menyebabkan cegukan. 

4. Gangguan sistem pencernaan

Mengutip dari hellosehat.com, 7,9% pria dan 10% wanita pasien GERD mengalami cegukan terus-menerus. Jika Beauty sedang mengalami gangguan pada saluran pencernaan dan perut, jangan salah jika akan mengalami cegukan berkepanjangan.

5. Anestesi dan pasca operasi

Selain beberapa penyakit diatas, penyebab lain dari cegukan terus-menerus bisa disebabkan karena anestesi atau obat bius saat operasi atau pun pasca operasi. Salah satunya setelah melakukan operasi pengangkatan sebagian atau seluruh organ usus besar.

Hmm, lumayan serem juga ya, Beauty. Jadi kalau mengalami cegukan terus-menerus atau berkepanjangan sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya! Jangan diabaikan!