Menu

Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah Tanpa Obat, Inilah 3 Cara yang Harus Rutin Dilakukan Penderita Diabetes!

18 Oktober 2021 09:20 WIB

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes muncul disebabkan oleh melonjaknya kadar gula dalam darah. Biasanya, diabetes dipicu oleh gaya hidup dan pola makan yang enggak sehat.

Banyak para penderita diabetes yang mengonsumsi obat-obatan supaya kadar gula darah tetap stabil. Nah, ternyata ada cara mudah tanpa obat untuk menurunkan gula darah.

Dilansir dari WebMD (18/10/2021), berikut ini beberapa cara yang bisa rutin kamu lakukan supaya kadar gula darah turun tanpa obat-obatan. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Olahraga 

Olahraga dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini memungkinkan tubuh menggunakan insulin dan glukosa lebih efektif, meningkatkan pergerakan glukosa selama dan setelah berolahraga.

Penelitian menunjukkan, olahraga akan menghasilkan regulasi insulin yang optimal. Olahraga setelah makan malam akan membuat tubuh siap untuk kadar glukosa yang stabil sepanjang pagi.

Olahraga terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghindari lonjakan gula darah pada pagi hari di antaranya, berjalan yoga, renang dan Tai Chi.

Batasi asupan karbohidrat pada malam hari

Dilansir dari Very Well Health, diet memainkan peran utama dalam mengelola diabetes dan menjaga kadar gula darah yang sehat. Penderita diabetes harus memiliki pemahaman tentang makanan terbaik dan terburuk untuk penyakitnya.

Karbohidrat adalah bagian penting dari diet apa pun, tetapi mereka harus dimakan dalam jumlah sedang. Penting untuk dicatat bahwa tubuh mengubah 100 persen karbohidrat yang kita konsumsi menjadi glukosa.

Salah satu cara untuk menghindari lonjakan kadar gula darah di pagi hari adalah dengan membatasi asupan karbohidrat pada malam hari sebelumnya.

Perhatikan jumlah karbohidrat yang kamu konsumsi saat makan malam atau sebagai camilan malam hari. Porsi karbohidrat yang direkomendasikan untuk setiap orang berbeda dan tergantung pada berat badan, tingkat aktivitas, obat diabetes, dan tujuan kadar gula darahmu.

Pedoman umum dari American Diabetes Association adalah 45-60 g karbohidrat setiap kali makan dan 15-20 g karbohidrat untuk setiap camilan.

Perhatikan asupan lemak

Lemak sehat adalah bagian penting dari diet sehat, tetapi mereka mungkin memiliki dampak negatif pada kadar gula darah. Makan malam yang tinggi lemak dapat menunda kenaikan gula darah normal setelah makan hingga keesokan paginya.

Hal ini terjadi karena lemak menyebabkan tubuh dan proses pencernaan melambat. Sebab, makanan berlemak juga dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko utama diabetes.

Mengonsumsi lebih sedikit lemak dan lebih banyak protein adalah pendekatan yang baik untuk seseorang yang hidup dengan diabetes. American Diabetes Association merekomendasikan untuk memasukkan lebih banyak lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda daripada lemak jenuh atau lemak trans dalam diet Anda.

Contoh lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda meliputi alpukat dan minyak canola. Selain itu, kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, pecan, dan kacang tanah Minyak zaitun, selai kacang dan minyak kacang, ikan berminyak (salmon, sarden, herring, mackerel, tuna), kenari, biji rami dan minyak biji rami, biji chia.

Sementara itu, contoh lemak jenuh dan lemak trans yang harus dihindari meliputi lemak babi, fatback dan babi asin, daging tinggi lemak seperti daging giling biasa, bologna, hot dog, sosis, dan bacon.

Ada juga produk susu tinggi lemak seperti keju penuh lemak, krim, es krim, susu murni, susu 2%, dan krim asam, mentega, saus krim, kuah yang dibuat dengan tetesan daging, kulit unggas,

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol bahkan menurunkan kadar gula darah. Semoga bermanfaat!

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita