Menu

Nyesel Baru Tahu Sekarang! Ternyata 6 Minuman Ini Gak Baik Buat Jantung, Jangan Nekat Minum Ya!

28 Oktober 2021 13:05 WIB

Jus Buah. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Namun perlu kamu tahu Beauty, penyakit jantung bisa dicegah atau diobati dengan pilihan gaya hidup sehat.

Salah satu gaya hidup sehat yang patut dipertimbangkan adalah menghindari beberapa minuman yang bisa memicu penyakit jantung. Apa saja?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar minuman yang buruk untuk kesehatan jantung.

Jus buah

Beauty, meski dikenal sebagai minuman yang sehat, namun jus buah rendah serat, tinggi kalori, dan tinggi gula. Jus buah bisa membuat kadar gula darah melonjak secara tiba-tiba dan meningkatkan risiko serangan jantung pada pria dan wanita. hati-hati ya!

Milkshake

Meski enak dan menyegarkan, kandungan dalam milkshake yakni gula dan lemak jenuh sangat membahayakan, lho. Beberapa studi mengungkapkan bahwa satu asupan berlemak tinggi saja sudah dapat memicu terjadinya penyakit jantung pada sebagian orang.

Oleh karena itu, konsumsi minuman bergula dan berlemak jenuh tinggi, seperti milkshake, sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari, ya Beauty!

Soda

Rachel Linder dalam "5 Drinks That May Lead to a Heart Attack, According to Science" menyebutkan bahwa kandungan gula soda yang tinggi merupakan ancaman.

Dan ssal tahu saja Beauty, satu botol soda mengandung lebih dari kebutuhan gula harian kamu lho.  Menurut riset, seseorang yang terlalu banyak minum soda 20% lebih tinggi berisiko penyakit jantung. Alamak!

Kopi

Hayo, siapa diantara kamu yang doyan ngopi, Beauty? Perlu kamu tahu, minum kopi berlebihan juga dikaitkan dengan komplikasi jantung.

Sebuah studi juga menemukan bahwa orang yang minum enam cangkir kopi sehari atau lebih dapat meningkatkan lipid (lemak) yang ditemukan dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Minuman berenergi

Perlu kamu ketahui ya, Beauty, minuman berenergi mengandung kafein dan gula. Nah, kandungan kafein dalam minuman berenergi cukup banyak jadi gak baik untuk kesehatan jantung.  Gak cuma itu, minuman berenergi bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung juga lho!

Alkohol 

Selama ini kita tahu bahwa alkohol gak baik buat kesehatan. Nah, alkohol pun jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi bisa membahayakan kesehatan penderita jantung.

Gak cuma itu, konsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, aritmia, dan serangan jantung. Duh, udah paling bener hindari alcohol deh ya!

Nah, di samping minuman yang kurang baik bagi jantung, ada pula minuman yang dapat menunjang kesehatan jantung, Beauty.

Menurut Ahli Gizi, Dr Vasundhara Singh, minuman yang sehat untuk penderita jantung adalah buttermilk, air kelapa, dan ekstrak sari buah segar yang dibuat sendiri di rumah.

Semoga informasinya bermanfaat ya!