Menu

Jantung Pisang Ternyata Bisa Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes, Ini Penjelasannya!

02 November 2021 10:00 WIB

Ilustrasi olahan jantung pisang. (Instagram/dapurmamasederhana)

HerStory, Bandung —

Penderita diabetes tak boleh sembarangan memilih makanan untuk mereka konsumsi. Ini dikarenakan adanya kadar gula dalam darah yang harus dikontrol supaya tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah.

Nah, kabar baik nih Moms. Pasalnya, jantung pisang bisa lho dijadikan alternatif untuk mengontrol gula darah bagi penderita diabetes. 

Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (2/11/2021).

Manfaat Jantung Pisang bagi Penderita Diabetes

Konsumsi makanan harian memiliki peran penting dalam mengendalikan diabetes karena kadar gula dalam tubuh meningkat hanya dengan makan dan minum.

Namun, khasiat obat yang menakjubkan ditemukan di banyak tanaman yang ada di alam yang bisa kita konsumsi sehari-hari.

Pisang sebagai salah satunya, yang buahnya tidak hanya bermanfaat, tetapi daun, batang, dan bunganya juga dianggap sangat bermanfaat

Menurut penelitian, bahan-bahan tersebut ditemukan dalam jantung pisang, yang bisa sangat bermanfaat bagi pasien diabetes.

Dilansir dari onlymyhealth, menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, jantung pisang ternyata bermanfaat dalam mengontrol gula darah pada pasien diabetes.

Penelitian ini dilakukan pada tikus diabetes yang berat badannya sangat tinggi, dan terdapat banyak gula dalam darah dan urinnya.

Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi jantung pisang secara signifikan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh tikus tersebut.

Demikian pula penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan hasil yang serupa.

Pusat Nasional melakukan penelitian ini untuk Informasi Bioteknologi. Menurut penelitian ini, konsumsi jantung pisang mengurangi pembentukan jenis protein tertentu dalam tubuh pasien, yang dikenal dapat meningkatkan gula.

Sementara itu, lebih dari 80% kasus diabetes di seluruh dunia adalah diabetes tipe 2.

Orang dengan diabetes tipe 2 biasanya adalah orang-orang dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Jantung pisang tidak hanya menurunkan jumlah gula dalam tubuh, tetapi juga menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan perut.

Cara Mengolah Jantung Pisang

Jantung pisang bisa dimakan secara mentah karena lembut dan mudah dicerna.

Selain itu, kamu juga bisa membuat berbagai jenis masakan dari jantung pisang, seperti sayur jantung pisang, yang bisa dibuat kering dan kuah. 

Jantung pisang juga bisa diolah sebagai salad dan bisa dijadikan saus dengan cara menggilingnya.