Menu

Waspada Jika Ketiak Masih Bau Meski Sudah Mandi, Berisiko Kena Penyakit Ini!

09 Desember 2021 09:15 WIB

Wanita dengan bau ketiak. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, mandi seharusnya membuat ketiakmu harum dan bersih kan? Tapi, gimana kalau ternyata ketiakmu masih berbau yang tak sedap setelah mandi, apa yang terjadi?

"Ketika seseorang merasa masih bau setelah mandi, biasanya itu adalah orang yang lebih rentan berkeringat, dan mungkin memiliki penumpukan bakteri di kulit yang berhubungan dengan keringat," papar Marisa Garshick, MD, Asisten Profesor Klinis Dermatologi di Cornell-New York Presbyterian Medical Center, sebagaimana dikutip HerStory dari Livestrong, Kamis (9/12/2021).

Berikut adalah 5 penyebab umum ketiak bau setelah mandi, yuk simak!

1. Antiperspirant Salah

Apakah Anda biasanya menggunakan antiperspirant setelah keluar dari kamar mandi di pagi hari? Itu mungkin tampak seperti cara paling efektif untuk mencegah keringat dan bau ketiak, tetapi kenyataannya tidak.

"Antiperspirant itu paling efektif bila digunakan sebelum tidur," kata Dr. Garshick.

Alasannya, antiperspirant bekerja dengan menyumbat kelenjar keringat di ketiak untuk mencegah keluarnya keringat. Nah, karena kelenjar keringat kosong di malam hari, mereka bisa menyerap lebih banyak antiperspirant.

Dan karena sebagian besar antiperspiran dirancang untuk bekerja selama 24 jam, mereka akan terus bekerja untuk menahan keringat bahkan setelah kamu mandi keesokan paginya.

Pastikan juga bahwa kamu menggunakan antiperspirant dibanding deodoran, yang menutupi bau tetapi tidak benar-benar menghentikan keringat, Beauty.

2. Rambut Ketiak

Menurut Beth Goldstein, MD, Asisten Profesor Klinis Dermatologi di University of North Carolina, sekaligus pendiri merek perawatan kulit GETMR, mengatakan bahwa rambut ketiak menyerap lebih banyak keringat lho, sehingga keringat memiliki potensi lebih banyak untuk bercampur dengan bakteri penyebab bau.

Gak cuma itu, kulit yang tertutup rambut juga lebih sulit dibersihkan sehingga memungkinkan ketiakmu tetap bau setelah mandi, Beauty.

Karenanya, jika kamu memiliki banyak bulu halus dan bermasalah dengan bau, pertimbangkan untuk mencukur atau waxing. Menurut studi di Journal of Cosmetic Dermatology, menghilangkan bulu ketiak efektif untuk meminimalkan bau ketiak.

3. Banyak Bakteri Penyebab Bau

Beauty, kita semua memiliki campuran bakteri baik dan jahat yang hidup di permukaan kulit, termasuk kulit di ketiak kita lho.

Dan menurut Dr. Garshick, biasanya bakteri ini berada dalam keadaan seimbang. Tapi terkadang keseimbangan itu bisa terganggu dan menyebabkan pertumbuhan berlebih dari bakteri 'jahat' tertentu. Nah itulah yang akhirnya membuat bau badan lebih buruk atau lebih intens.

4. Pengaruh Obat

Perlu kamu ketahui Beauty, penyebab ketiakmu tetap bau meski sudah mandi bisa juga disebabkan karena pengaruh obat-obatan yang kamu konsumsi lho. Karena, beberapa obat ternyata berpotensi menyebabkan hiperhidrosis atau keringat berlebih.

Adapun, menurut review Drug Safety, beberapa obat-obatan yang berpotensi menyebabkan hiperhidrosis diantaranya:

  • Inhibitor kolinesterase seperti Aricept, Razadyne dan Exelon, digunakan untuk mengobati Alzheimer dan demensia
  • Inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) seperti Zoloft, Prozac dan Lexapro, digunakan untuk mengobati depresi dan kecemasan
  • Opioid seperti Vicodin, Percocet dan OxyContin, digunakan untuk mengobati rasa sakit
  • Antidepresan trisiklik seperti Norpramin, Elavil dan Pamelor, digunakan untuk mengobati kondisi termasuk depresi dan OCD

5. Mengalami Infeksi

Jangan disepelekan Beauty, bintik seperti jerawat atau berisi nanah di ketiak juga bisa menjadi penyebab bau lho.

"Kita semua memiliki folikel rambut kecil di ketiak, dan ketika rambut tersebut dicukur, ada banyak pintu masuk kecil bagi bakteri yang berpotensi bermasalah untuk masuk dan menyebabkan apa yang tampak seperti rambut yang tumbuh ke dalam. Tapi kalau berisi nanah, bisa jadi itu infeksi " jelas Dr. Garshick.

Jadi, kapan sebaiknya kita harus ke dokter?

Terkadang menjadi lebih bau dari biasanya mungkin tak perlu dikhawatirkan, terutama jika tindakan di rumah seperti mengoleskan antiperspirant dengan benar, mencukur atau mencuci dengan sabun antibakteri bisa menyelesaikan masalah.

Tetapi jika kamu secara konsisten memiliki ketiak yang bau setelah mandi, atau bau tersebut tampaknya juga berasal dari bagian lain dari tubuh, segera hubungi dokter.

"Ini bisa menjadi tanda-tanda penyakit medis seperti penyakit hati, diabetes atau ketidakmampuan untuk memetabolisme makanan atau obat-obatan tertentu," kata Dr. Goldstein.

Nah, semoga informasinya bermanfaat ya Beauty!

Artikel Pilihan