Menu

Mau Hubungan Rumah Tangga Harmonis dan Langgeng? Catat 3 Tips Ini dari Psikolog!

06 Januari 2022 18:30 WIB

Pasangan bahagia. (Freepik/prostooleh)

HerStory, Jakarta —

Kehidupan rumah tangga enggak berjalan mulus begitu saja. Ada banyak masalah dan tantangan yang harus dihadapi bersama pasangan. Masalah yang ada di dalam hubungan tentu akan membuat kamu dan pasangan menjadi semakin dewasa dalam bersikap.

Namun, setiap pasangan tentu ingin hubungan rumah tangganya harmonis, bahagia, dan juga langgeng sampai maut memisahkan. Benar begitu kan, Beauty?

Lantas, kamu sudah tahu belum tips-tips untuk membangun rumah tangga yang harmonis dan langgeng?

Kepada HerStory, Psikolog Klinis Karina Delicia memberikan beberapa tips untuk kamu membangun hubungan rumah tangga yang harmonis, bahagia, dan langgeng. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Bangun kepercayaan terhadap pasangan

Untuk membangun hubungan rumah tangga yang harmonis dan langgeng, maka dibutuhkan rasa percaya terhadap pasangan. Cobalah untuk menaruh rasa percaya dengan pasangan supaya kamu bisa berkomitmen dalam hubungan.

“Ketika kita sudah percaya, meskipun ada hantaman dalam pernikahan, kita akan tetap berpegang teguh pada pernikahan dan tetap komitmen pada pernikahan yang sudah dibangun,” ujar Karina Delicia saat diwawancarai HerStory

Menghargai pasangan

Selanjutnya, dalam hubungan perlu saling menghargai satu sama lain. Dengan menghargai satu sama lain, kamu dan pasangan jadi saling mengerti adanya perbedaann. Rasa toleransi pun muncul saat kamu bisa menghargai pasangan.

Keterbukaan dengan pasangan

Keterbukaan dengan pasangan juga menjadi salah satu hal yang paling penting dalam hubungan. Kalau kamu dan pasangan sudah saling terbuka, maka komunikasi dalam rumah tangga jadi lebih lancar. Permasalahan yang muncul juga jadi cepat teratasi dengan baik.

Menurut Karina Delicia, dengan adanya tiga pilar tersebut di dalam rumah tangga, maka hubungan kamu dengan pasangan bisa harmonis dan juga langgeng. 

“Tiga pilar itu akan sangat membantu membuat hubungan rumah tangga selalu harmonis dan langgeng. Menurut aku tiga pilar itu, tapi ada banyak hal lainnya yang bisa dijadikan dasar keberhasilan hubungan,” tutup Karina.