Menu

Apakah Mendengkur Bisa Disembuhkan?

13 Januari 2022 22:15 WIB

Ilustrasi pria yang tidur mendengkur. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Suara ngorok yang menggelegar tak hanya mengganggu tidur nyenyak orang lain, tapi juga mengurangi kualitas tidur kamu sendiri, Moms. Untungnya, kebiasaan ini bisa kamu hindari.

Ini artinya, kamu yang biasa mendengkur saat tidur bisa menghilangkannya. Namun, bagaimana caranya? Yuk Moms, simak ulsan di bawah ini.

1. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur bisa menjadi salah satu alasan seseorang memiliki kebiasaan mendengkur. Oleh sebab itu, cara menghilangkan ngorok yang perlu kamu coba adalah mengubah posisi tidur. Biasanya, saat tidur terlentang, risiko mengorok saat tidur akan meningkat.

Ini karena saat terlentang lidah Anda akan cenderung tertarik ke belakang atau mendekat ke tenggorokan. Hal ini membuat jalan udara menyempit, bahkan mungkin menghalangi sebagian aliran udara.

Baca Juga: Kenapa Pria Lebih Sering Mengorok daripada Wanita? Ini Kata Penelitian!

2. Membersihkan saluran pernapasan

Salah satu penyebab seseorang mendengkur saat tidur malam hari adalah adanya masalah pada saluran pernapasan, khusus ya hidung. Karenanya, cara untuk menghilangkan ngorok pada malam hari adalah dengan mengatasi berbagai masalah pernapasan yang mengganggu.

3. Menurunkan berat badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih ternyata juga memiliki jaringan lemak berlebih pada tenggorokan dan bisa meningkatkan risiko mengorok. Lemak berlebih yang terdapat pada sekitar leher ini bisa membuat leher seperti tertekan dari berbagai sisi.

Tak heran kalau napas kamu menjadi semakin sempit dan menimbullkan suara mengorok saat tidur.

Baca Juga: Kebiasaan Ngoroknya Dibongkar Sule, Nathalie Holscher: Itu Suara Hidung, Turunan Bule Seperti Itu...

4. Menghentikan kebiasaan merokok

Moms, merokok bisa melukai membran yang terdapat pada hidung dan tenggorokan, sehingga menghalangi jalan napas. Kondisi tersebut dapat menyebabkan suara mengorok saat kamu tidur. Bahkan, kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan yang memiliki peranan yang cukup besar sebagai penyebab mengorok saat tidur.

5. Menghindari alkohol

Kalau kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol, sebaiknya hindari kebiasan tersebut. Begitu pula dengan kebiasaan mengonsumsi zat sedatif, seperti obat tidur. Pasalnya, alkohol dan zat sedatif ini tergolong sebagai relaksan otot yang bisa membuat otot menjadi rileks.

6. Biasakan tidur tepat waktu

Saat merasa kelelahan, kamu mungkin akan tertidur dengan pulas. Sayangnya, kondisi tersebut membuat otot tenggorokan menjadi lebih rileks hingga tenggorokan menimbulkan suara mengorok.

Karenanya, buat rutinitas tidur yang baik. Ini artinya, pastikan untuk selalu tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

7. Rutin berolahraga

Olahraga secara umum bisa mengurangi kebiasaan mengorok pada malam hari. Bahkan, sekalipun Moms tak memiliki berat badan berlebih, kebiasaan sehat ini bisa mengurangi dengkuran saat tidur.

Pasalnya, saat berolahraga, otot pada tenggorokan akan lebih terbentuk sehingga mencegah munculnya suara mendengkur saat tidur. Kamu juga bisa melakukan olahraga khusus untuk menguatkan otot pada tenggorokan, Moms.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghindari kebiasaan mendengkur. Semoga membantu, ya Moms!

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari