Menu

Oh Ternyata Ini Penyebab Istri Selingkuh, Bukan Hanya Karena Uang atau Status!

18 Januari 2022 21:45 WIB

Ilustrasi istri sedang selingkuh. (Freepik/Wavebreakmedia_micro)

HerStory, Bekasi —

Selingkuh biasanya dikaitkan dengan perbuatan pria. Tapi kenyataannya, istri pun bisa berselingkuh juga.

Terkadang uang dan status bukan lagi hal utama bagi kebahagiaan seorang istri. Inilah yang jadi alasan, kenapa ada istri yang suaminya sudah kaya raya dan jabatan pun punya, tapi tetap memutuskan untuk selingkuh.

Bisa jadi, perbuatan itu disebabkan adanya keinginan istri yang selama ini dirasakan belum terpenuhi. Seperti penyebab istri selingkuh di bawah ini. Apa saja?

1. Rasa kurang dihargai sebagai seorang istri

Seorang istri yang mendua, bisa jadi karena ia ingin membuktikan bahwa nilai dirinya bukan hanya sekadar jadi pengasuh anak, tukang beres-beres di rumah, atau malah pencari nafkah keluarga. Ia ingin pula dihargai sebagai sosok wanita, istri yang suaminya cinta.

Karena itu ketika ada kesempatan, berupa teman atau kenalan yang mampu mendongkrak percaya dirinya dan membuatnya seperti wanita yang cantik dan berharga, bisa timbul hasrat untuk menyerah pada godaan perselingkuhan.

2. Kurangnya keintiman pasangan

Keintiman dalam hubungan pernikahan tak hanya dibangun lewat hubungan seksual. Tapi juga lewat interaksi sehari-hari antara suami istri.

Sering ngobrol, saling bercanda, adalah hal-hal remeh tapi penting untuk bangun keintiman dalam rumah tangga. Itulah yang istri rasakan tidak diberikan oleh suami karena saking sibuk dengan pekerjaannya.

3. Rasa kesepian akibat kurangnya perhatian dari suami

Sudah jadi tugas seorang suami sebagai imam keluarga untuk memberi nafkah. Tapi kebutuhan istri tak hanya materi saja. Ia pun butuh disayang dan dicinta. Bukankah itu yang dimaksud dengan tanggung jawab suami untuk memenuhi nafkah lahir dan batin keluarga?

Kurangnya perhatian yang diberikan suami akibat kesibukan, gak pelak membuatnya jadi kesepian. Ditambah lagi saat di rumah, bukannya digunakan untuk membangun momen bersama keluarga tercinta, malah sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Hal ini yang kemudian membuka celah perselingkuhan saat ada sosok lelaki lain yang mampu memberinya kasih sayang.

4. Kebutuhan seksual yang gak terpuaskan

Terdapat kesalahan persepsi bahwa hanya lelaki saja yang menikmati aktivitas seksual. Padahal perempuan begitu juga.

Rasa kecewa yang ia terus pendam dalam hati akibat kurang pekanya suami dalam memenuhi kebutuhan seksualnya, sering membuat istri jadi menyerah terhadap bisikan setan untuk memuaskan nafsunya di luar, dengan pria lain yang bisa memenuhi hasrat seksualnya itu.

Oleh sebab itu, sebagai suami jangan egois. Hanya mengejar kepuasan sendiri saja, sementara istri dibiarkan.

5. Keinginan balas dendam pada suami yang sudah gak lagi ia percaya

Sulit untuk mempertahankan pernikahan yang tanpa dilandasi rasa percaya. Sebab perselingkuhan yang dilakukan oleh suami, atau hubungan dekat dengan teman kerja wanita yang sering istri keluhkan tapi tak digubris juga, bisa jadi faktor pemicu untuk membuat istri balas dendam dengan jadi tak setia.

Meski sebab di atas bisa jadi alasan seorang istri berselingkuh, bukan berarti perbuatannya berselingkuh adalah benar. Apa pun alasannya, selingkuh itu tetap salah!

Tapi, dengan mengetahui faktor apa saja yang bisa membuat seorang istri selingkuh, setidaknya bisa jadi bahan introspeksi bagi dirimu, supaya sebab-sebab itu bisa dicegah. Sehingga tak ada celah terjadinya perselingkuhan yang bisa membuat kandas pernikahan.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan