Menu

Go Digital, 2 Wanita Ini Sukses Raup Cuan di Tengah Pandemi, Seperti Apa Kisahnya?

24 Januari 2022 09:53 WIB

Salsa Wigati (26), owner Brookies dan Nopi Herlina Hadzic (33), owner Nokha (Istimewa/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pandemi masih terjadi di Indonesia hingga saat ini. Berbagai sektor merasakan dampaknya termasuk UMKM. Banyak pelaku UMKM di berbagai daerah yang kelangsungan bisnisnya terancam.

Hal itulah yang membuat perusahaan teknologi dari Indonesia, Tokopedia, menggelarkan inisiatif Hyperlocal. Tokopedia memiliki tujuan yang mulia, yakni tentu untuk membantu pegiat usaha, termasuk UMKM lokal, salah satunya di Jawa Barat, Beauty. 

Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho, mengatakan, inisiatif Hyperlocal ini disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah dan bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, agar masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien, serta memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh.

Dan menariknya nih Beauty, inisiatif Hyperlocal di Jawa Barat yang digencarkan oleh Tokopedia ini membawa sederet dampak positif, lho. Yap, transaksi UMKM Jawa Barat di Tokopedia ini terpantau melesat hampir 2x lipat selama 2021 dibandingkan 2020. Wow!

“Adapun, untuk kategori yang mengalami peningkatan antara lain seperti makanan dan Minuman, Kesehatan dan Perawatan Diri, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kecantikan hingga Rumah Tangga. Itu mengalami peningkatan transaksi paling tinggi di Jawa Barat selama 2021,” tutur Trian Nugroho.

Gak cuma itu Beauty, Trian juga bilang, program turunan inisiatif Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Digitalisasi Pasar, Sekolah Kilat Seller, Tokopedia Nyam dan masih banyak lainnya, merupakan upaya Tokopedia untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

“UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia, termasuk Brookies dan Nokha, bisa punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Jadi tidak perlu pindah ke ibukota untuk menjadi juara,” tambah Trian.

Brookies, Artisan Soft Cookies dengan Ragam Rasa Unik Buatan Milenial Jabar

Nah Beauty, salah satu UMKM lokal Jawa Barat yang merasakan dampak positif dari program Inisiatif Hyperlocal Tokopedia ini adalah Brookies.

Salsa Wigati (26), owner Brookies, pun punya cerita tersendiri di balik kisah suksesnya membesarkan bisnisnya ini. 

Salsa mengaku, ia memulai bisnis brownies dan cookies yang diberi nama Brookies pada awal Maret 2020 dengan mengoptimalkan platform Tokopedia.

Kondisi pandemi yang membatasi interaksi fisik masyarakat justru menjadi jalan bagi Salsa untuk menciptakan peluang lewat teknologi.

“Sejak bergabung Tokopedia pada Juli 2020, omzet Brookies bisa mencapai hingga Rp20 juta setiap bulannya. Pelanggan pun meluas hingga Aceh, Riau dan Kalimantan,” ujarnya.

Tak mau berpuas diri, Salsa pun terus berinovasi dengan memproduksi varian rasa baru, seperti klepon cookies, goguma cookies, cookie monster, rose cookies, Cinnamon cookies dengan topping biskuit atau cookies dengan tema hari raya Idul Fitri dan Natal.

Salsa juga rajin memanfaatkan fitur flash sale dan mengikuti kampanye Tokopedia Nyam.

“Dari kampanye tersebut, Brookies bahkan bisa menerima pesanan hingga 70 paket cookies dalam waktu 1 jam," tambah Salsa.

Nokha, Berdayakan Perempuan Hingga Difabel Ciptakan Sepatu Lokal

Selain Brookies, Nokha adalah contoh UMKM Jabar lainnya yang terus beradaptasi lewat teknologi di masa pandemi.

Brand yang digagas oleh Nopi Herlina Hadzic (33) pada 2012 ini menawarkan berbagai produk fesyen lokal mulai dari sepatu, jaket, kaos dan aksesoris lainnya dengan beragam warna.

Nopi mengaku, saat merintis Nokha, ia menggelontorkan modal dari uang saku kuliah dan sempat mengalami banyak kesulitan mulai dari alami penipuan dan barang dagangan dibawa kabur. Meski begitu, Nopi terus bangkit untuk tetap mempertahankan usahanya.

“Nokha rutin mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal. Transaksi penjualannya meningkat hingga 3x lipat. Nokha pernah memproduksi 800 pesanan dalam waktu 2 hari ketika mengikuti kampanye #BersebelasMelangkahBareng Tokopedia,” tutur Nopi.

Yang bikin bangga lagi nih Beauty, lewat Nokha ini, Nopi mampu mempekerjakan lebih dari 150 karyawan yang hampir 80% nya adalah ibu rumah tangga hingga rekan difabel, lho. Keren!

Saat disinggung kunci sukses merintis bisnisnya, Nopi pun punya prinsip, yakni jangan takut gagal dan harus selalu ikuti perkembangan zaman.

Semoga kisahnya Salsa dan Nopi ini menginspirasimu ya, Beauty!

Artikel Pilihan