Menu

Gula Darah Terkendali! Ini Khasiat Makan Buah Nangka, Moms

24 Februari 2022 15:19 WIB

Buah Nangka. (Freepik.com/edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Sebagian dari Moms mungkin gak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi buah nangka ternyata memiliki khasiat yang dahsyat untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, buah nangka mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, zat besi, niasin, seng, dan thiamin.

Nah, kandungan-kandungan tersebut ampuh menjaga gula darah, lho Beauty. Jadi, buah nangka cukup aman untuk dikonsusmi penderita diabetes. 

Berikut sederet manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi buah nangka.

1. Sumber energi

Manfaat nangka ternyata sangat baik untuk menambah energi, Moms. Sebab ada gula alami, seperti sukrosa dan fruktosa dalam nangka yang menjadi pelecut sumber energi.

Mantapnya lagi, nangka tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Oleh karena itu sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Memperbaiki pencernaan

Nangka mengandung banyak serat makanan yang dapat mencuci perut. Hal ini dapat membantu meningkatkan pencernaan dan juga mencegah sembelit sehingga bisa membuat perutmu tidak buncit.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik sebagai antivirus dan antibakteri. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh dan meningkatkan fungsinya.

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat melindungi kamu dari penyakit dan infeksi.

4. Mencegah anemia

Salah satu manfaat yang diberikan nangka yakni dapat mengontrol dengan baik sirkulasi darah dalam tubuh. Nangka sudah dipercaya dapat mencegah terjadinya anemia. Karena ada kandungan zat besi yang mampu mencegah terjadinya kurang darah.

5. Kesehatan kulit

Kulit yang sering terpapar polusi, sinar UV, asap, dan zat lain yang merugikan kulit kamu akan mempercepat proses penuaan. Buah yang kaya antioksidan seperti nangka membantu memperlambat aktivitas radikal bebas yang menyebabkan penuaan.

6. Protein tinggi

Buah nangka mengandung beberapa protein yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan. Satu studi menunjukkan orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak nangka mampu mengurangi peningkatan kadar gula darah secara signifikan.

7. Indeks glikemik rendah

Buah Nangka memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu pengelolaan gula darah. Di dalamnya ada indeks glikemik (GI) yang cukup rendah.

Indeks glikemik merupakan ukuran seberapa cepat gula darah naik setelah makan. Nah, diet yang mengandung banyak makanan rendah GI telah terbukti membantu meningkatkan kontrol gula darah.

8. Kontrol diabetes

Tepung nangka terbukti membantu mengontrol diabetes. Menurut penelitian yang dipublikasikan American Diabetes Association, tepung nangka dapat menurunkan hemoglobin glikosilasi (HbA1c).

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan