Menu

Awas! Dampak Buruk Cabut Bulu Ketiak Bisa Sebabkan Kanker Payudara?

24 Februari 2022 23:23 WIB

Ilustrasi wanita sedang mencukur bulu ketiak.(Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sebagian besar wanita akan risih jika bulu di ketiak mulai tumbuh. Pasalnya, rambut di area ini bisa mengganggu penampilan. Padahal perlu Beauty pahami bahwa bulu pada ketiak berfungsi untuk melindungi kulit dari kotoran, bakteri hingga racun yang bisa masuk dalam tubuh.

Lantas, benarkah kebiasaan mencabut bulu ketiak bisa sebabkan kanker payudara pada wanita? Yuk Beauty simak ulasan di bawah ini. 

1. Terkana folikulitis

Bulu ketiak yang terlalu sering dicabut akan menyebabkan folikulitis. Hal ini menyebabkan kulit mengalami peradangan berupa titik-titik kecil putih yang menggembung dan berisi darah yang mati.

Folikulitis akan memberikan sensasi nyeri, gatal, dan tidak nyaman.

2. Hiperpigmentasi

Memiliki kebiasaan mencabut bulu ketiak memiliki efek samping berupa hiperpigmentasi atau pengelapan kulit. Akibatnya kulit ketiak akan menjadi lebih hitam daripada area sekitarnya.

3. Iritasi

Mencabut bulu ketiak dari akarnya menjadi salah satu hal yang memicu iritasi. Rasa sakit, kulit kemerahan dan tidak nyaman akan menjadi luka yang tak kasat mata. Tak hanya itu, ketiak juga akan mengalami infeksi karena rasa sakit tersebut.

4. Kanker payudara

Terakhir, memiliki kebiasaan mencabut bulu ketiak bisa memicu risiko munculnya kanker payudara, Beauty. Ini karena bulu bulu ketiak yang dicabuti membuat racun dan mengendap di bagian payudara tubuh. Maka, kondisi tersebut membuat kemungkinan munculnya kanker payudara.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan