Menu

7 Camilan Terburuk untuk Kesehatan Hati Menurut Sains, Jangan Nekat Makan Lagi Ya!

27 Februari 2022 11:15 WIB

Ilustrasi penyakit perlemakan hati atau fatty liver (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, bagi banyak orang, hati atau liver dianggap sebagai organ yang terutama membantu konsumsi alkohol dan pencernaan—tetapi sebenarnya lebih dari itu.

CDC mencatat bahwa hati adalah "salah satu organ terbesar dan terpenting" dan melakukan banyak tugas yang sangat penting untuk menjaga tubuh kita tetap berjalan lancar—mulai dari menyaring produk limbah hingga memproses makanan, alkohol, dan obat-obatan.

Hopkins Medicine juga menyatakan bahwa hati menampung sekitar satu liter suplai darah tubuh "pada saat tertentu," dan menghasilkan empedu, yang membantu mengatur proses diet dan membuang produk limbah.

Hati juga membantu menyeimbangkan tingkat dan proses kimia tubuh dan dikatakan melakukan lebih dari 500 fungsi yang berbeda untuk membantu mendukung tubuh Anda.

Karena itulah, jelas bahwa hati benar-benar merupakan organ penting dan itulah mengapa kamu harus terus menjaganya agar tetap sehat.

Olahraga teratur, makan makanan seimbang, menghindari racun, mendapatkan vaksinasi yang tepat, dan praktik sehat lainnya dapat membantu menjaga fungsi hati dengan baik, menurut The American Liver Foundation.

Dan dalam hal makanan, makan banyak buah dan sayuran, biji-bijian kaya serat, unggas, dan ikan juga direkomendasikan.

Tapi bagaimana dengan makanan yang harus dihindari? Dikutip dari Eat This, berikut daftarnya, Beauty!

1. Soda

Yang satu ini seharusnya tidak mengejutkan. Apa pun yang dikemas dengan banyak gula adalah hal yang baik untuk dihindari dalam hal melindungi kesehatan hati, kata Healthline.

Soda melambangkan beberapa dari banyak sekali masalah dengan makanan yang menyebabkan kerusakan hati, seperti kandungan gula yang tinggi, bahan kimia buatan, perasa, zat aditif, serta kurangnya manfaat nutrisi yang substansial—bahkan jika itu dari diet atau variasi bebas kafein. .

Intinya, jika kamu menganggap soda sebagai "makanan ringan" favorit di tengah hari, sebaiknya kamu mempertimbangkan kembali pilihan itu, Beauty.

2. Keripik

Menurut American Liver Foundation, mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat memiliki efek negatif pada fungsi hati. Jadi, sekantong besar keripik yang dinikmati dalam sekali duduk pasti bisa menjadi pilihan camilan yang kurang ideal.

Tentu saja, yang terbaik adalah menghindari makanan olahan, gorengan, secara umum. Jika kamu mencari camilan yang renyah, cobalah crudité—mengunyah sayuran mentah membuat tubuh dan organ sangat bahagia!

3. Alkohol

Ini bukan makanan ringan, tetapi perlu dicatat bahwa alkohol dapat membuat hati memburuk, terutama jika kamu minum banyak dalam sekali duduk atau sepanjang malam.

Hati membantu memecah alkohol, jadi ketika kamu mengonsumsi lebih dari satu minuman dalam waktu singkat, organ tersebut harus bekerja sangat keras untuk memetabolismenya. Itu sebabnya The American Liver Foundation merekomendasikan kamu untuk membatasi diri pada satu minuman per hari untuk wanita dan dua untuk pria.

Karena alasan ini, sebaiknya jangan membuat hati bekerja keras dua kal lipat, dengan mencampur alkohol dan soda.

4. Kerupuk

Kejutan! Kerupuk mungkin tampak relatif tak berbahaya, tetapi itu bukan pilihan yang sangat baik untuk kesehatan hatimu, Beauty.

Makanan dengan karbohidrat atau gula olahan, sirup jagung fruktosa tinggi, dan roti putih, nasi, atau pasta semuanya bisa menjadi masalah bagi hati, menurut penelitian. Sangat mudah untuk hanya mengunyah kerupuk tanpa berpikir, tetapi ingatlah hatimu akan rusak, Beauty!

5. Daging yang diawetkan

Terlalu banyak daging merah dan/atau garam merupakan masalah bagi hati, kata The American Liver Foundation, jadi tidak perlu dikatakan bahwa daging yang diawetkan seperti prosciutto, atau bahkan potongan daging dingin seperti ham, bologna, atau salami, adalah semua makanan yang paling baik dimakan dengan hemat. Sebagai gantinya, pilihlah daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, atau sandwich tuna.

6. Buah kalengan

Ini adalah inklusi yang menarik, ya? Menurut sebuah studi tahun 2013, konsumsi buah yang berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan terlalu banyak fruktosa ke tubuh, yang mungkin memiliki masalah dalam pemrosesan hati, dan dapat menyebabkan masalah hati berlemak. Buah kalengan juga sering dikemas dengan sirup sakarin dan gula tambahan.

7. Gorengan

Ini tidak perlu dikatakan lagi, bukan? Makanan yang digoreng menawarkan banyak masalah bagi tubuh—dan hati adalah salah satu organ yang paling terpengaruh. American Liver Foundation jelas dalam arahannya untuk menghindari makanan yang digoreng (dan makanan cepat saji) jika ingin menjaga kesehatan hati.

Banyak makanan yang digoreng sering cenderung dilapisi tepung roti atau banyak mengandung susu, yang juga merupakan makanan lain yang harus dimakan dalam jumlah sedang untuk mendukung kesehatan hatimu, Beauty.

Artikel Pilihan