Menu

4 Sayuran yang Ampuh Bikin Gula Darah Ambrol, Penderita Diabetes Wajib Coba!

01 Maret 2022 07:10 WIB

Brokoli (Unsplash/Louis Hansel)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes yang ditandai dengan melonjaknya kadar gula darah biasanya disebabkan oleh keturunan dan juga gaya hidup yang enggak sehat.

Maka dari itu, para penderita diabetes harus benar-benar memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi supaya kadar gula darah tetap terkontrol.

Melansir dari laman Healthline, berikut ini deretan sayuran yang bisa membantu menurunkan gula darah. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Labu dan biji labu

Labu mengandung kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida, yang telah dipelajari potensinya dalam mengatur kadar gula darah.

Sementara itu, biji labu dikemas dengan lemak dan protein sehat. Itulah yang membuatnya menjadi pilihan baik untuk mengontrol gula darah.

Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, yakni jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah. Sementara itu, kecambah brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glukoraphanin yang terbukti membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Kale

Sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang dewasa di Jepang menunjukkan bahwa mengonsumsi 7 atau 14 gram makanan mengandung kale dengan makanan berkarbohidrat tinggi secara signifikan mampu menurunkan kadar gula darah.

Kandungan antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam kale memiliki efek penurun gula darah dan sensitivitas insulin yang kuat.

Okra

Okra adalah sumber yang kaya akan senyawa penurun gula darah, seperti polisakarida dan antioksidan flavonoid. Polisakarida utama dalam okra telah diidentisikasi sebagai senyawa antidiabetes yang kuat.

Nah, itulah beberapa sayuran yang mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Mau coba?

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita