Menu

Batuk Berdahak Gak Kunjung Sembuh? Waspada, 5 Penyakit Mematikan Ini Mungkin Mengintaimu

01 Maret 2022 14:15 WIB

Seorang wanita sedang batuk dan mengalami sesak di dada. (pinterest/freepik)

HerStory, Medan —

Batuk berdahak merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya lendir yang mengganjal di tenggorokan. Kondisi ini biasanya dapat sembuh dengan sendiri. Namun, jika terjadi dalam waktu lama hal tersebut bisa saja menjadi indikasi terjadinya penyakit berbahaya, lho.

Jika kamu mengalami batuk berdahak lebih dari 8 minggu, segera waspada Moms. Herstory sudah merangkum 5 penyakit yang mungkin menyerangmu. Yuk, simak artikel yang sudah dilansir dari berbagai sumber berikut ini, Selasa (1/3/2022).

1. Asma

Penyakit asma umumnya ditandai dengan gejala mengi atau bengek. Namun, bisa saja asma menyebabkan batuk berdahak tanpa mengi, lho. 

Jika kamu mengalami batuk berdahak yang gak kunjung membaik, segera lakukan pemeriksaan medis. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit yang sedang menyerangmu.

2. Alergi

Jika batuk berdahak disertai dengan gatal, mata dan hidung berair, hidung tersumbat, dan hidung meler, bisa jadi itu indikasi terjadinya alergi. Jangan anggap sepele, yah.

Alergi yang gak segera mendapatkan penanganan yang tepat dapat berkembang menjadi infeksi sinus kronis. Biasanya batuk yang disebabkan alergi dapat ditangani dengan antihistamin dan steroid hidung. 

3. Bronkitis kronis

Awal kemunculan penyakit paru-paru kerap ditandai dengan terjadinya batuk berdahak yang tak kunjung sembuh. Salah satu penyebab bronkitis kronis adalah kebiasaan merokok. 

Ketika kondisi paru-paru memburuk, maka tubuh tak mampu membersihkan partikel yang masuk ke saluran udara dengan baik. Akibatnya saluran udara membengkak dan menghasilkan lendir berlebih.

4. Asam lambung

Asam lambung juga dapat memicu batuk berdahak, lho. Kalau batuk berdahak yang kamu alami diiringi dengan rasa mulas, maka bisa jadi kamu mengidap penyakit asam lambung.

5. Tuberkulosis

Tuberkulosis adalah penyakit saluran napas yang ditandai dengan batuk berdahak kronis. Kondisi ini disebabkan oleh mycobacterium yang masuk ke dalam aliran darah dari kelenjar getah bening. Akibatnya sistem kekebalan tubuh pengidap menjadi lemah.