Menu

Waspada Beauty! Masalah Mata Seperti Ini Jadi Tanda Ada Tumor Ganas Bersarang di Tubuh, Ngeri…

02 Maret 2022 13:53 WIB

Mata kering. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di muka bumi ini. Penyakit ini pun memiliki beberapa gejala.

Banyak gejala umum yang terkait dengan penyakit lain berkembang menjadi kanker tanpa sepengetahuan kita. Tapi, pada saat kanker muncul dengan sendirinya, itu semua sudah terlambat.

Ya, banyak orang tak sadar bahwa ada beberapa gejala umum kanker yang terlihat pada mata. Salah satunya seperti dilansir dati Times of India, yakni penglihatan kabur.

Penglihatan kabur terkait dengan beberapa kondisi medis. Kondisi ini bisa jadi gejala tumor ganas di paru-paru.

Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa penglihatan kabur, kehilangan penglihatan, nyeri, floaters, cacat bidang visual, benjolan, mata merah, sensasi berkedip, dan diplopia adalah beberapa gejala gangguan penglihatan yang disebabkan oleh metastasis tumor yang secara serius mempengaruhi kualitas penglihatan dan memperpendek kelangsungan hidup pasien kanker.

Studi penelitian lain tentang kanker usus besar menemukan bahwa pasien dengan metastasis orbital umumnya datang dengan nyeri mata, proptosis, kehilangan penglihatan, dan diplopia dengan gejala yang biasanya muncul selama kurang lebih 2 bulan sebelum diagnosis.

Banyak penelitian lain juga menemukan fotosensitifitas dan penglihatan ganda sebagai gejala awal kanker usus besar.

Para ahli juga mengatakan bahwa dalam kasus kanker payudara, masalah mata yang mungkin dialami seseorang adalah mata merah, gatal atau terbakar, mata berair atau berair terus-menerus, mata merah muda atau peradangan pada bagian putih, penglihatan kabur, penglihatan ganda, floaters atau bintik hitam dalam penglihatan, dan sakit mata.

Kanker tertentu bisa mempengaruhi kesehatan mata karena metastasis orbital. Beberapa jenis kanker dapat menyebar atau bermetastasis hingga mencapai jaringan di sekitar mata (orbit).

Kanker primer yang paling umum dengan metastasis orbital adalah payudara, paru-paru, dan prostat.

Sekitar 2 hingga 5 persen pasien dengan kanker sistemik dilaporkan memiliki metastasis orbital.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Artikel Pilihan