Menu

Musim Hujan: Waspada Penyakit Musiman, Mulai Diare Hingga Penyakit Kulit

04 Maret 2022 21:40 WIB

Anak perempuan menggunakan payung dan bermain dengan air hujan. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Di Indonesia, musim hujan dimulai setiap akhir tahun hingga bulan Maret. Seperti sekarang ini, Indonesia masih terus diguyur hujan. Nah, biasanya, saat musim-musim hujan seperti sekarang ini, muncul berbagai penyaki, mulai dari demam biasa hingga demam berdarah.

Pasalnya, pergantian musim bisa memengaruhi sistem imun tubuh, Kalau imunitas tubuh lemah, maka dengan mudah penyakit bersarang ke dalam tubuh. Berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat musim hujan tiba, anatar lain:

1. Diare

Penyakit ini ditandai dengan frekuensi buang ir besar yang meningkat diabndingkan biasanya. Diare disebabkan karena mengonsumsii makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit.

Diare disebabkan bakteri e.coli, salmonella,shigella, dan cholera. Biasanya diare akan segera sembuh dan hanya berlangsung beberapa hari. Namun, dalam waktu lebih dari satu minggu belum juga sembuh dan muncul gejala lain, segera periksa ke dokter.

2. Flu

Flu sepertinya menjadi penyakit langganan yang dialami kebanyakan orang saat musim hujan. Kondisi ini disebabkan infeksi virus influenza A, B, atau C. Nah, infeksi ini akan menyerang pernapasan dan menyebabkan gejala, seperti demam, batuk, pusing, dakit kepala, dan tenggorokan.

3. Demam berdarah dan malaria

Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk. Saat musim hujan, perkembangbiakan nyamuk akan meningkat, baik nyamuk demam berdarah atau pun malaria.

Jadi waspada ya Moms, selalu jaga kebersihan agar tempat tinggal anda tidak digunakan sarang nyamuk. Pasalnya, kedua penyakit ini bisa berujung pada kematian.

4. Demam tifoid atau tipes

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi a=yang masuk ke dalam saluran cerna emlalui mulut, esophagus, lambung, usus kecil, dan usus besar. Penyakit ini menimbulkan demam yang tinggi.

5. Penyakit kulit

Saat hujan atau banjir akan membawa banyak baketri yang bisa menyerang kulit, Moms, Nah, bakteri ini akan menyebabkan gatal pada kulit. Selain bakteri, gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. 

Infeksi jamur umumnya terjadi pada daerah lipatan-lipatan tubuh seperti, selangkangan dan payudara.