Menu

4 Kebiasaan Makan Ini Bisa Picu Kanker Lambung, Hati-hati Beauty!

07 Maret 2022 18:25 WIB

Ilustrasi seorang wanita dengan dua potong ayam pedas. (Freepik/9nong)

HerStory, Jakarta —

Beauty, sering tak disadari kanker lambung memiliki gejala yang mirip dengan maag. Menurut Jurnal National Center for Biotechnology Information, kanker lambung menjadi oenyebab kamatian pada urutan kedua terkait kanker di dunia.

Banyak kasus, orang yang terserangkanker lambung memiiki kebiasaan hidup yang gak sehat, seperti merokok, konsumsi alkohol, hingga mengonsumsi narkoba. Selain itu, ada pula kebiasaan makan sepele yang juga bisa memicu kanker lambung, seperti:

1. Mengonsumsi makanan dalam keadaan panas

Siapa yang menyangka, konsumsi makanan dalam keadaan panas meningkatkan risiko terkena kanker lambung hingga 4,22 kali. Hal ini dikarenakan selaput lendir dalam organ pencernaan manusia cukup sensitif.

Saat kamu mengonsumsi makanan yang masih terlalu panas, maka perut akan merasakan sensasi terbakar. Kebiasaan inilah yang dapat menurunkan kinerja lambung. Selain itu, juga dapat menimbulkan perubahan patologis yang bermuara pada kanker lambung.

2. Makan buah asam saat perut keadaan kosong

Buah yang bercita rasa asam rasanya begitu menyegarkan. Namun demikian, kamu perlu mengonsumsi makanan lain sebelum makan buah ini. Kondisi perut yang kosong menjadikan asam lambung berada pada konsentrasi yang tinggi.

Apabila kamu langsung mengonsumsi buah asam tersebut, maka akan terbentuk endapan dan menyebabkan benjolan besar.

Kondisi tersebut dibarengi dengan tekanan udara dalam perut yang meningkat, juga mampu menimbulkan nyeri hingga pembengkakan. Gejala-gejala ini pada akhirnya bisa mengarah ke kanker lambung.

3. Mengonsumsi makanan terlalu banyak

Kamu pasti sudah sering mendengar nasihat agar berhenti makan sebelum kenyang. Hal ini ternyata memang ada manfaatnya. Mengonsumsi makanan yang terlalu banyak, apalagi dengan kadar lemak dan gula tinggi bisa menyebabkan berat badan meningkat.

Kebiasaan ini dalam jangka panjang bisa memicu obesitas. Orang yang mengalami obesitas ini lebih berisiko terkena kanker, salah satunya kanker lambung.

4. Makan sambil melakukan aktivitas

Ketika deadline pekerjaan sedang menumpuk, rata-rata orang memilih untuk memesan makanan cepat saji. Sudah kandungan makanan cepat saji tidak baik untuk tubuh, makannya juga sambil melakukan banyak aktivitas lainnya.

Hal ini dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Kebiasaan ini jika dibiarkan secara terus-menerus dapat mengakibatkan gastritis, bahkan kanker lambung.

Itulah kebiasaan-kebiasaan sepele yang bisa memicu kanker lambung. Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut agar terhindar dari kanker lambung. Semoga informasi ini membantu, ya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan