Menu

Gak Banyak yang Tahu, Manfaat Tauge Ternyata Bisa Mencegah Gangguan Menstruasi Lho Beauty

08 Maret 2022 08:05 WIB

Ilustrasi wanita saat merasakan nyeri menstruasi. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Siapa yang tak tahu tauge? Tanaman ini seringkali dijumpai di banyak olahan makanan, seperti bakso, soto, dan rawon. Tauge merupakan sayuran yang berasal dari biji kacang hijau atau kedelai. 

Tak hanya lezat, mengonsumsi taoge juga dapat memberimu beragam manfaat karena mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut alodokter dan sehatq merangkum 5 di antaranya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Taoge memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, protein, dan folat yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan. Pasalnya, semua nutrisi ini bekerja dengan mendukung produksi sel darah putih serta zat antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

2. Mengendalikan berat badan

Taoge bisa kamu jadikan salah satu menu diet, karena termasuk rendah kalori, namun kaya akan nutrisi dan serat. Maknanya, mengonsumsi sayuran ini tidak akan membuat berat badanmu bertambah.

Justru berkat serat dan protein yang tinggi dapat membuatmu kenyang lebih cepat serta tahan lama. Dengan begitu, keinginan untuk makan banyak bisa berkurang. Dimana berat badan menjadi lebih terkendali.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat dan air yang cukup tinggi pada taoge juga diketahui baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Diantaranya, mencegah dan mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Feses yang semula sulit keluar, menjadi lebih mudah.

Tak hanya itu, taoge juga memiliki bakteri baik (probiotik) yang dapat membantu kinerja usus dan menjaga kesehatannya dalam sistem pencernaan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari diare serta beragam penyakit lainnya.

4. Memelihara kesehatan kulit

Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, taoge disebut dapat memelihara kesehatan kulit. Diantaranya, memperlambat efek paparan radikal bebas, seperti kulit keriput dan kusam.

Sementara vitamin E yang terkandung di dalamnya dapat membuat kulit terasa lebih kenyal. Kemudian, ada vitamin C yang berperan penting untuk memproduksi kolagen. Zat ini merupakan komponen utama guna memperbaiki kerusakan jaringan.

5. Mencegah gangguan menstruasi

Taoge juga memiliki manfaat khusus bagi wanita, seperti mencegah gangguan menstruasi dan kesuburan. Cara kerjanya yakni dapat memperlancar aliran darah untuk menghindari berbagai faktor penyebab munculnya penyakit.

Sering mengonsumsi taoge beberapa hari sebelum menstruasi dipercaya mampu menghindarimu dari tiap gangguan. Ditambah dapat mengurangi adanya hot flashes atau kepanasan yang sering dialami wanita menjelang menopause berkat kandungan vitamin E.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan