Menu

3 Makanan dalam Sekejap Bisa Lonjakkan Gula Darah, Wajib Dimusuhi Penderita Diabetes!

08 Maret 2022 12:00 WIB

Minuman Susu Putih. (Unsplash/Jagoda Kondratiuk)

HerStory, Jakarta —

Mengontrol gula darah sangat penting bagi penderita diabetes. Pasalnya apabila sudah didiagnosis menderita diabetes dan tak mengelola gula darah, itu bisa mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa.

Nah, salah satu cara untuk mengelola gula darah bagi penderita diabetes adalah dengan mengubah gaya hidup, termasuk menjaga pola makan.

Pilihan makanan yang salah bisa membahayakan kesehatan sehingga harus hati-hati terhadap beberapa makanan. Dilansir dari Boldsky (8/3/2022) berikut ini beberapa makanan yang bisa melonjakkan gula darah penderita diabetes eecara drastis:

1. Kentang

Kentang kaya akan pati dan memiliki indeks glikemik yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, makanan tinggi indeks glikemik terkait dengan risiko diabetes.

Konsumsi kentang yang tinggi dapat menyebabkan diabetes atau komplikasi terkait.

2. Produk daging

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Beberapa produk daging, seperti daging sapi, dan domba mengandung protein tinggi tetapi dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi dalam proporsi yang berlebihan.

Namun, terlalu dikit mengonsumsi daging ini juga terkait dengan risiko diabetes. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih konsumsi protein dari sumber nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Produk susu penuh lemak

Produk susu kaya akan kalsium dan vitamin. Namun, produk susu penuh lemak seperti yoghurt dan keju yang tinggi lemak dapat meningkatkan kadar glukosa dan risiko penyakit jantung karena kadar laktosanya yang tinggi. Makanan ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes.