Menu

Hari Perempuan Sedunia: Ini 5 Masalah Kesehatan yang Harus diwaspadai Setiap Wanita, Catat Ya!

09 Maret 2022 08:30 WIB

Solidaritas peduli kanker payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, berbeda dari pria, beberapa masalah kesehatan kerap mempengaruhi wanita secara berbeda dan lebih sering.

Selain itu, banyak masalah kesehatan wanita tidak terdiagnosis, dan sebagian besar uji coba obat mengecualikan wanita dari partisipasi.

Kesehatan wanita mencakup berbagai masalah khusus gender, seperti produksi estrogen, kesehatan mental, kesehatan seksual, dan masalah kesuburan.

Saat sistem reproduksi mereka mengalami perubahan besar, kondisi mental dan fisik wanita berubah secara dramatis. Wanita dapat mengontrol kesehatan mereka dengan mengikuti diet sehat, melakukan pemeriksaan rutin, dan menjalani gaya hidup sehat.

Untuk membantu wanita meningkatkan kesehatannya, berikut adalah 5 kondisi medis yang harus diwaspadai wanita, sebagaimana dilansir dari Pinkvilla.

1. Penyakit Jantung

Meskipun kesadaran meningkat dalam beberapa dekade terakhir, hanya sekitar setengah dari wanita yang mengakui penyakit jantung sebagai penyebab utama kematian mereka.

Wanita, di sisi lain, mungkin tidak mengenali gejala mereka sebagai gejala serangan jantung dan mengabaikannya sebagai akibat dari olahraga berlebihan atau mulas. Sementara menopause tidak menyebabkan penyakit jantung, faktor risiko tertentu seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan kadar estrogen lebih umum terjadi setelah menopause.

2. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyebab kematian kedua di antara wanita akibat kanker. Menurut statistik global terbaru, sekitar setengah juta wanita meninggal setiap tahun karena kanker payudara.

Bertambahnya usia, riwayat keluarga, awal menstruasi atau menopause setelah usia tertentu, obesitas, dan faktor risiko lainnya semuanya terlibat. Seseorang harus mempertahankan pengetahuannya tentang pemeriksaan diri kanker payudara.

3. Masalah Kesehatan Saat Hamil

Dari anemia defisiensi besi hingga tekanan darah tinggi, perubahan yang dialami wanita selama kehamilan dapat berdampak pada kesehatan wanita. Wanita harus memastikan nutrisi yang cukup dan mengambil tindakan pencegahan seperti menerima imunisasi yang diperlukan. mereka mungkin terus berolahraga seperti biasa, tetapi jika mereka memiliki kekhawatiran, mereka harus berkonsultasi dengan doktermu, Beauty.

4. Masalah Kesehatan Seksual dan Kandung Kemih

Wanita harus memperhatikan kesehatan seksual dan kandung kemih mereka karena penyakit menular seksual (PMS) dan infeksi saluran kemih mempengaruhi mereka dengan cepat. Telah ditemukan bahwa PMS memiliki efek yang lebih parah pada wanita daripada pria.

Meskipun PMS sering tidak diobati pada wanita karena gejalanya kurang terlihat atau karena mereka lebih mungkin salah didiagnosis dengan penyakit lain, mereka dapat memiliki konsekuensi serius, seperti infertilitas.

5. Depresi

Menurut bukti baru, wanita lebih mungkin mengalami kecemasan dan depresi daripada pria. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, depresi adalah masalah kesehatan mental yang paling umum di kalangan wanita, dan bunuh diri adalah penyebab utama kematian di kalangan wanita.

Depresi dapat berlangsung selama beberapa minggu dan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Riwayat keluarga, masalah perkawinan, penyakit kronis, peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, kekerasan fisik atau seksual, dan sebagainya merupakan faktor risiko.

Wanita, tidak seperti kebanyakan pria, memiliki tanggung jawab tambahan seperti mengasuh anak dan orang tua. Mereka melupakan kebutuhan mereka sendiri ketika mencoba untuk mempertahankan segala sesuatu yang lain, dan kesehatan mereka menderita sebagai akibatnya.

Budaya kita mengharapkan wanita untuk bekerja dan merawat keluarga mereka. Dalam masyarakat patriarki ini, perempuan tidak diajari untuk mengurus diri sendiri. Namun, banyak hal berubah di antara generasi muda, dan perempuan belajar untuk memprioritaskan kebutuhan mereka sendiri.