Menu

Beauty Wajib Tahu, Ini 3 Penyebab Sakit Ginjal pada Wanita, Jangan Diabaikan Ya!

11 Maret 2022 10:10 WIB

Ilustrasi Ginjal. (pinterest/healthcentral)

HerStory, Jakarta —

Masih banyak orang yang mengabaikan kesehatan ginjal. Padahal, ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting dan jika kesehatan ginjal terganggu, maka bisa berakibat fatal. 

Penyakit ginjal juga bisa diderita siapa saja, termasuk para wanita, bahkan penyakit ginjal masuk ke dalam 10 besar penyebab kematian wanita secara global.

Maka dari itu, para wanita perlu ekstra berhati-hati dengan kondisi yang menjadi penyebab sakit ginjal supaya terhindar dari segala sesuatu yang enggak diinginkan.

Melansir dari National Kidney Foundation, inilah beberapa penyebab penyakit ginjal yangg menyerang wanita. Yuk, simak baik-baik, ya!

Wanita rentan terkena infeksi saluran kencing

Wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kencing karena bentuk organ reproduksi wanita memungkinkan kuman lebih mudah berkembang biak.

Jika penyakit ini enggak ditangani dengan serius, maka bisa menyebabkan munculnya komplikasi infeksi ginjal hingga gagal ginjal. 

Efek samping alat kontrasepsi

Beberapa wanita merasakan efek samping penggunakan alat kontrasepsi. Efek samping yang bisa muncul adalah meningkatnya tekanan darah dan pembekuan darah.

Tingginya tekanan darah dan juga adanya pemebkuan darah bisa berkontribusi sebagai penyebab penyakit ginjal.

Kondisi preeklamsia saat hamil

Preeklamsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai dengan tingginya tekanan darah, kelebihan berat badan, protein dalam urine tinggi, edema, dan gangguan penglihatan.

Ibu hamil yang menderita preeklamsia ini memiliki risiko terkena penyakit ginjal kronis di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa penyebab penyakit ginjal pada wanita. Hati-hati, ya!

Artikel Pilihan