Menu

Catat! Ini Langkah Mudah Tangkal Diabetes, Nomor 3 Paling 'Haram' Dilakukan

11 Maret 2022 13:00 WIB

Junk food. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Diabetes adalah gangguan metabolisme di mana tubuh gagal memproduksi insulin yang cukup sehingga meningkatkan kadar gula darah ke tingkat yang tak normal. Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, dapat menyebabkan sejumlah gejala diabetes seperti kelelahan, sering buang air kecil, kekebalan menurun, penyembuhan luka yang lambat, dan lain-lain.

Bagian yang disayangkan tentang diabetes adalah bahwa hal itu tak dapat disembuhkan, tetapi gejalanya dapat diobati dan dikendalikan. Berikut adalah beberapa cara yang terbukti agar kamu terhindar dari diabetes seperti dilansir dari Boldsky (11/3/2022):

1. Jaga Berat Badan

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa menjaga BMI (Indeks Massa Tubuh) yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, termasuk diabetes.

Untuk memiliki BMI yang sehat, seseorang harus memastikan bahwa mereka kehilangan atau menambah berat badan yang sesuai, dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat. Memiliki BMI normal dapat mengurangi risiko terkena diabetes hingga 70 persen.

2. Rajin Konsumsi Sayuran

Pastikan Anda mengonsumsi semangkuk salad, dengan berbagai macam sayuran yang juga berwarna hijau seperti wortel, mentimun, selada, tomat, bawang merah, bawang putih, dan lain-lain setidaknya sekali sehari, sebelum makan siang atau makan malam.

Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan cuka ke salad ini. Mengonsumsi salad dengan cuka dapat membantu darah menyerap lebih sedikit gula dari makanan yang dimakan nanti, sehingga menjaga kadar gula darah seimbang dan menurunkan risiko diabetes.

3. Hindari Makanan Cepat Saji

Saat ini, makanan cepat saji mudah tersedia bagi semua orang dalam berbagai jenis dan sulit untuk ditolak.

Namun, mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan seperti kentang goreng, pizza, burger dapat menyebabkan sejumlah penyakit, termasuk obesitas, kolesterol tinggi, masalah pencernaan, masalah jantung dan sebagainya.

4. Berhenti Merokok

Penyebab lain dari sejumlah penyakit berbahaya, seperti halnya stres adalah merokok. Seiring dengan penyakit utama lainnya seperti kanker paru-paru, merokok juga dikaitkan dengan penyebab diabetes. Jadi, singkirkan kebiasaan ini sesegera mungkin dan itu dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes.