Menu

Waduh, Ternyata Deretan Minuman Ini Bisa Bikin Ginjal Rusak, Nomor 2 Paling Sering Dikonsumsi Nih!

14 Maret 2022 14:00 WIB

Ilustrasi Ginjal. (Unsplash/Robina Weermeijer)

HerStory, Jakarta —

Ginjal merupakan organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, jika ginjal sudah rusak, maka bisa berakibat fatal dan mengancam nyawa.

Ada banyak cara yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjal, salah satunya dengan mengubah gaya hidup. Namun, ada banyak juga cara membuat ginjal rusak, salah satunya konsumsi minuman berbahaya.

Melansir dari berbagai sumber (14/3/2022), berikut ini beberapa minuman yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Soda

Sebuah studi dalam jurnal Nephrology tahun 2016 mengungkapkan bahwa di antara 2.382 peserta dalam studi Tehran Lipid dan Glukosa, mereka yang minum lebih dari empatt minuman ringan manis dalam seminggi memiliki risiko dua kali lebih besar terkena penyakit ginjal daripada mereka yang minum setengah porsi soda atau kurang setiap minggu.

Jadi, kalau kamu mau melindungi kesehatan ginjal, sebaiknya pertimbangkan konsumsi soda manis. Jangan sampai penyakit ginjal menghantuimu.

2. Jus dengan pemanis

Jus dengan pemanis bukanlah pilihan yang tepat untuk kesehatan ginjal. Hal tersebut sudah terbukti dalam studi Tehran Lipid dan Glukosa. 

Dalam studi tersebut dikatakan bahwa orang yang mengonsumsi minuman manid memiliki tingkat penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi.

3. Diet soda

Minum diet soda enggak jauh lebih baik daripada minuman yang dimaniskan dengan gula. atau sirup jagung fruktosa tinggi dalam hal kesehatan ginjalmu.

Menurut sebuah studi dalam Clinical Journal of American Society of Nephrology pada 2011, orang yang minum dua atau lebih soda dengan pemanis buatan sehari dua kali lebih mungkin mengalami penurunan fungsi ginjal.

4. Alkohol

Orang-orang yang mengonsumsi alkohol berisiko lebih tinggi menderita penyakit ginjal. Seorang peminum berat memiliki tingkat albuminuria yang lebih tinggi, sebuah indikator kandungan protein albumin dalam urin dan tanda penyakit ginjal.

Nah, itulah beberapa minuman yang perlu dihindari supaya ginjal tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan