Menu

Mujarab! Daun Sirsak Bisa Atasi Diabetes Hingga Kanker, Begini Cara Mengolahnya...

15 Maret 2022 10:00 WIB

Daun sirsak. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Buah sirsak memiliki rasa yang enak dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, seperti vitamin B1, B2, B3, C, kalsium, folat, zat besi, magnesium, dan lainnya.

Buah sirsak memang sudah diketahui berbagai macam nutrisinya yang baik untuk kesehatan. Selain daging buahnya, daun sirsak juga ternyata menyimpan banyak manfaat, lho.

Melansir dari berbagai sumber (15/3/2022), berikut ini beberapa manfaat daun sirsak yang perlu kamu tahu. Yuk, simak baik-baik, ya!

Mengontrol diabetes

Daun sirsak mengandung metanolik yang bekerja dalam pankreas untuk membantu menghasilkan insulin agar kadar gula darah bisa tetap seimbang.

Cara mengolahnya cukup mudah, bersihkan 2-5 helai daun sirsak, lalu rebus ke dalam tiga gelas air sampai mendidih. Setelah itu, minum rebusan daun sirsak secara rutin pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Mengatasi asam urat

Asam urat juga kerap kali menyerang orang-orang yang lanjut usia. Untuk mengatasi asam urat, kamu bisa memanfaatkan daun sirsak.

Caranya, cuci 6-10 helai daun sirsak yang sudah tua, tapi masih hijau. Rebus dalam dua gelas air dan didihkan sampai satu gelas Minum rebusan tersebut pagi dan sore hari.

Melawan kanker

Manfaat lain dari daun sirsak adalah bisa menjadi obat kanker. Daun sirsak memiliki kandungan yang menghambat sel kanker.

Cara penggunaanya, rebus 10 helai daun sirsak dalam tiga gelas air hingga menjadi satu gelas. Kemudian, saring dan dinginkan. Minum secara rutin setiap pagi selama 3-4 minggu.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirsak yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Pilihan