Menu

Wah, Jintan Hitam Ternyata Ampuh Bikin Kolesterol Ambrol, Ini Dia Cara Konsumsinya

15 Maret 2022 21:52 WIB

Jintan Hitam sebagai rempah-rempah. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Jintan hitam populer dikenal dengan nama habbatussauda dan biasanya digunakan dalam bentuk minyak atau bubuk. Biji hitam kaya manfaat ini telah populer semenjak dahulu kala, terutama dalam peradaban Islam.

Bahkan Nabi Muhammad saw pernah menyatakan bahwa jintan hitam bisa mengobati berbagai macam penyakit kecuali kematian. Berikut manfaat jintan hitam untuk kesehatan.

1. Melawan Virus dan Infeksi

Jintan hitam bersifat sebagai antivirus yang mampu memerangi virus-virus seperti hepatitis C, flu, hingga HIV. Selain sifatnya sebagai antivirus, jintan hitam juga bisa melawan infeksi bakteri.

2. Melindungi Dinding Lambung

Dinding lambung kerap kali terluka akibat terkikis oleh kadar asam yang tinggi hingga terjadinya tukak lambung. Jintan hitam dapat mencegah dan mengobati kondisi ini berkat adanya kandungan anti-inflamasi atau antiperadangan.

Jika terjadi luka pada lambung, jintan hitam dapat membantu mempercepat proses pemulihannya.

3. Menurunkan Kolesterol

Hasil Pharmacological Research 2016 menunjukkan bahwa minyak jintan hitam lebih efektif digunakan untuk mengendalikan kolesterol dibanding jintan hitam bubuk.

Kolesterol memang diperlukan untuk tubuh, tapi ada batasan wajarnya dan tidak boleh berlebihan.

Tingkat kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya berbagai penyakit berat, seperti stroke dan penyakit jantung. Jintan hitam terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam tubuh.

Tak hanya itu, jintan hitam juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi menjadi momok bagi orang-orang yang telah cukup berusia, umumnya terjadi akibat gaya hidup yang buruk. Kondisi seperti ini harus segera ditangani, sebab darah tinggi dapat merusak organ tubuh dan memicu terjadinya stroke.

Dalam studi khusus, jintan hitam terbukti dapat mengobati tekanan darah tinggi dengan cara menurunkan tekanan darah tersebut.

Jintan hitam dalam bentuk obat herbal atau minyak baiknya digunakan secara rutin agar manfaatnya benar-benar terasa.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.