Menu

Bikin Tambah Lengket! 9 Kebiasaan Bareng Suami Ini Bisa Mempererat Hubunganmu Lho, Moms!

14 November 2020 08:25 WIB

Ilustrasi mertua pasangan (Unsplash/Esther Ann)

HerStory, Jakarta —

Beauty, mungkin enggak sedikit di antara kamu menikah dengan pria yang telah kamu pacari selama ini. Menikah dengan orang yang kamu cintai sudah tentu membuatmu merasa bahagia bukan kepalang. Tapi Beauty, meski sudah menjalin hubungan pacaran cukup lama dan berujung ke bangku pelaminan, kamu juga perlu memahami betul hal apa saja yang bisa memperkuat hubungan rumah tangga.

Banyak yang mengatakan, kehidupan setelah pernikahan itu banyak ujian dan cobaan di dalamnya. Bisa saja, sikap dan perilaku lain dari suami atau sebaliknya akan terbongkar setelah menikah. Enggak jarang pula, banyak di antara kamu yang belum bisa menerima hal itu dan bisa saja memicu terjadinya konflik di tahun pertama pernikahan.

Beauty, banyak hal atau kebiasaan yang bisa kamu lakukan dengan suami untuk memperkuat hubungan. Melansir dari laman Boldsky, berikut sembilan di antaranya:

Memiliki komunikasi yang efektif

Beauty, komunikasi yang efektif itu kunci hubungan yang sehat dan bahagia lho. Ketika kamu menjalin komunikasi yang baik dengan suami, hal ini akan meminimalisir kemungkinan salah paham yang bakal terjadi. 

Bersikap jujur dengan suami, begitu pun sebaliknya

Dengan jujur, enggak cuma membuatmu mendapat kepercayaan dari suami, tapi membantumu bersikap transparan dalam membina rumah tangga dengannya.

Ketika kamu jujur dengan suami, dia tentu akan mempercayaimu apa pun yang terjadi. Kalau ada masalah yang datang, kamu dan dia dapat menyelesaikannya dengan baik lewat sikap saling jujur.

Mengatasi masalah sebelum tidur

Beauty, enggak ada hubungan yang berjalan 'adem-ayem' aja, tentu ada saja hal yang memicu konflik di dalamnya. Alih-alih melanjutkan pertengakaran antara kamu dan dia, coba deh atasi masalah yang ada sebelum tidur bersama suami.

Cari jalan keluar sebagai solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang terjadi. Biasanya, sebelum tidur menjadi waktu yang tepat untuk saling menyesali dan intropeksi diri masing-masing. Dengan begitu, masalah yang muncul bisa kamu atasi bersamanya.

Menghormati ruang pribadi masing-masing

Beauty, menghormati ruang pribadi pasangan itu penting. Setelah menikah, kamu perlu menghargai ruang pribadi suami. Jangan karena sudah menikah, bukan berarti kamu memiliki hak untuk melarang suami menikmati 'waktu sendiri' nya.

Saling memahami

Biar hubungan rumah tanggamu ini awet hingga maut memisahkan, saling pengertian dan cinta satu sama lain itu penting adanya. Ketika rasa saling memahami itu hadir, kamu cenderung memiliki simpati satu sama lain. Pada akhirnya, kamu dan dia tahu bagimana mencintai dengan rasa nyaman.

Mendukung impian satu sama lain

Ini adalah salah satu sifat yang paling penting untuk membantumu mempertahankan kebahagiaan pernikahan. Jangan gara-gara sudah menikah, kamu seenak hati membuatnya pupus dalam menggapai impiannnya. Kamu perlu mendukung setiap impiannya yang belum tercapai hingga saat ini.

Begitu pun dengan kamu Beauty, jangan sampai dia membuatmu berhenti menggapai impianmu selama ini. Dengan saling mendukung satu sama lain, membuat hubungan pernikahnmu awet dengannya.

Pentingnya keintiman emosional

Memiliki keintiman emosional itu sangat penting untuk memberikan percikan cinta dalam rumah tangga. Tunjukan pada suami kalau kamu peduli dengannya dan membuatnya merasa beruntung karena telah memilihmu sebagai pendamping hidupnya.

Loyal satu sama lain

Ini sih yang paling penting, setia. Berani berselingkuh atau menjauhi kesetiaan dalam hubungan, menunjukkan kalau kamu enggak menghormati pasangan dan enggak mau mempertahankan komitmen satu sama lain.

Saling berbagi tanggung jawab

Beauty, kalau saat ini kamu tipikal orang yang enggak mau berbagi tanggung jawab dalam hubungan, mulai hilangkan kebiasaan ini yuk! Pernikahan itu banyak tanggung jawab di dalamnya lho, Beauty.

Kalau di antara kamu atau dia terasa terbebani, cuma memperburuk keadaan aja bukan? Enggak ada salahnya kok saling berbagi tanggung jawab yang bisa membuat hubunganmu dan dia bertahan lama.

Semoga bermanfaat!