Menu

5 Sayuran Ini Wajib Dikonsumsi, Manfaatnya Baik untuk Kesehatan Ginjal Lho Moms

11 April 2022 23:05 WIB

Berbagai macam jenis sayur. (Unsplash/Dan Gold)

HerStory, Jakarta —

Menjaga kesehatan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Nah, ada berbagai macam sayuran yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti paprika merah.

Berikut ini kberbagai sayuran yang baik dan direkomendasikan untuk menjaga kesehatan ginjal, antara lain:

1. Paprika merah

Paprika adalah sayuran yang ramah terhadap ginjal dengan kandungan kaliumnya yang rendah, yang dapat membantu menjaga kesehatan organ ginjal, dan juga aman dikonsumsi oleh pengidap sakit ginjal.

Selain itu, paprika merah juga mengandung vitamin A, C, dan B6, dan nutrisi lain seperti asam folat dan serat.

2. Kubis

Kubis, sayuran yang bebas potasium ini juga baik untuk organ ginjal. Kubis mengandung phytochemical yang dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang merupakan pemicu penyakit kronis, seperti kanker. 

Selain itu, sayur ini kaya akan serat, vitamin B6, K, dan C, serta asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Bawang putih

Bawang putih bersifat diuretik, yang membuatnya mampu menjaga kesehatan ginjal. Diuretik sendiri dapat membantu menghilangkan kelebihan natrium dan air pada tubuh dalam bentuk urine.  

Selain itu, bawang putih juga mampu mengurangi peradangan, melawan infeksi, membersihkan tubuh, menurunkan kolesterol, dan berperan sebagai antibiotik alami untuk tubuh.

4. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran yang mengandung asam folat dan serat. Sayuran ini juga diketahui dapat membersihkan organ ginjal secara alami, dan juga meningkatkan fungsinya. Sayur ini diketahui rendah potasium yang aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit ginjal kronis.

5. Bayam

Siapa sih yang tak kenal bayam? Pasti ibu kalian sering memasaknya atau di sup. Bayam sendiri adalah sumber vitamin A yang dibutuhkan untuk memproduksi jaringan epitel, yakni jaringan yang melapisi filtrasi kecil di dalam ginjal dan saluran kemih.

Yang berfungsi melapisi seluruh organ, pembuluh getah bening, pembuluh darah, dan rongga dalam tubuh.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.