Menu

Beauty, Cari tahu Penyebab Jerawat di Wajah Sebelum Membeli Produk Anti Jerawat!

12 Agustus 2020 17:00 WIB

Ilustrasi kulit wajah yang berjerawat. (Getty Images/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering membuat kita stress, karena untuk menyembuhkan jerawat enggak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama serta harus rutin dalam menggunakan produk kecantikan. Apalagi kalau sudah capek-capek menggunakan produk anti-jerawat ternyata enggak cocok dengan penyebab timbulnya jerawat!

Kalau salah dalam penangan bisa jadi kulit malah menjadi iritasi dan menambah jumlah jerawat di wajah kita lho! Hal ini bisa terus terjadi hingga skin barrier function menjad lemah dan rentan iritasi. Oleh karena itu, HerStory mengajak kamumengetahui penyebab munculnya jerawat di wajahmu, yuk lihat!

Bakteria, Sebum dan Pori-Pori Tersumbat

Jika produksi sebum yang terlalu banyak dan ditambah dengan sel kulit mati yang menumpuk bisa membuat penyumbatan pada folikel rambut, hal ini bisa mengakibatkan munculnya sarang bakteri dan menimbulkan jerawat.

Hormone

Hormone, stress serta siklus datang bulan pada wanita bisa memengaruhi produksi minyak pada kulit.

Produk Kosmetik

Produk kosmetik yang memiliki kandugan komedogenik bisa menyumbat pori-pori wajah.

Makanan

Jika kamu memakan makanan yang bisa menyebabkan inflamasi pada tubuh maka akan berujung pada peradangan kulit.

Cara Memilih Produk Anti Jerawat yang Tepat

Membunuh Bakteri

Pada umumnya, kandungan yang ada di dalam produk anti jerawat antara lain salicylic dan benzoyl peroxide. Namun, kamu harus berhati-hati dengan kandungan ini karena bisa menyebabkan reaksi kemerahan dan rasa perih. Jika kamu merasakan gejala ini bisa jadi kamu mengalami iritasi kulit dan skin barrier function kamu terganggu.

Meredakan Inflamasi

Selain membunuh bakteri, produk anti jerawat yang baik adalah yang membantu meredakan inflamasi atau peradangan pada jerawat.

Eksfoliasi

Jerawat sendiri disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang campur dengan sebum serta bakteri, maka eksfoliasi sangat penting untuk membantu mencegah jerawat kembali lagi. Produk yang biasa kita temui biasanya memiliki kandungan AHA sebagai exfoliator agent. Tetapi kandungan ini engga cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Memudarkan Noda Jerawat

Yang terakhir adalah memudarkan noda jerawat, tentu hal ini penting banget untuk menjaga penampilan kita agar tetap keren. Oleh karena itu kamu bisa memilih produk yang memiliki eksfoliasi karena bisa membantu kamu dalam memudarkan noda bekas jerawat di wajah.

Artikel Pilihan