Menu

Menginspirasi! COO Tokopedia Melissa Siska Juminto Raih Penghargaan ‘The Most Extraordinary Women Business Leader 2022’

11 Mei 2022 19:00 WIB

Melissa Siska Juminto (Istimewa/Tokopedia)

HerStory, Depok —

Berdirinya Tokopedia tak luput dari campur tangan Melissa Siska Juminto yang kini menjabat sebagai Chief Operating Officer. Berkat kerja kerasnya, Melissa berhasil meraih The Most Extraordinary Women Business Leader 2022 dari Majalah SWA, berkat inovasi yang dilakukan dalam masa jabatannya.

Dalam dua tahun masa pandemi, selaku pemimpin di Tokopedia, ia fokus membantu lebih banyak pelaku usaha di Indonesia agar mendapatkan kehidupan lebih baik dan memberikan kemudahan akses produk bagi masyarakat.

Sebagai COO, saya bertanggung jawab atas keseluruhan operasional perusahaan, yang meliputi operasional kantor, mengelola pertumbuhan bisnis perusahaan, hingga menjadi partner CEO dalam merumuskan arah bisnis dan kebijakan yang mengikutinya," ucap Melissa, dikutip HerStory Rabu (11/5).

Tak hanya itu, selama menjabat sebagai COO, Melissa turut memperhatikan kesejahteraan Nakama, sebutan karyawan Tokopedia. Ia lantas menerapkan tiga DNA bagi para karyawan, yaitu, focus on consumer, di mana setiap inovasi harus menjadi jawaban atas masalah yang terjadi.

Kedua, DNA growth mindset, yaitu keinginan untuk learn, unlearn, dan relearn sebagai kunci untuk melakukan perbaikan. Lalu ketiga yaitu make it happen, make it better dengan mengeksekusi ide dan mengambil satu langkah mundur untuk melihat apa yang bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Tak perlu menunggu sampai sebuah ide sempurna, namun perbaikan bisa dilakukan setelahnya.

Selain tantangan eksternal, Melissa beserta jajaran manajemen berupaya mengatasi isu di lingkup internal, yaitu kesehatan dan keselamatan karyawan. Untuk menjaga kesehatan serta kesejahteraan karyawan, Tokopedia menyediakan sejumlah platform, antara lain Nakama Wellbeing. Karyawan dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk membantu meningkatkan motivasi, serta menjaga kesehatan mental dan fisik.

Ada juga program, Work Fun Home yang berupaya membuat karyawan memiliki pengalaman bekerja dari rumah yang menyenangkan dan produktif. Beberapa di antaranya seperti, Nakama Got Talent, Nakama Cerdas Cermat, Positive Talks, dan Nakama eSport Competition.

Tak cuma itu, Tokopedia turut mengedepankan hak-hak para karyawan berupa kebijakan cuti untuk working moms dan wanita. Seperti halnya, cuti hamil tiga bulan, cuti keguguran 45 hari, cuti datang bulan. Kemudian, Nakama wanita akan mendapat kebijakan masa transisi menjadi seorang ibu dengan waktu kerja hanya 20 jam/minggu selama 2 minggu berturut-turut, dan cuti 10 hari bagi Nakama yang baru menjadi ayah.

Sebelum menjabat sebagai COO, Melissa Siska Juminto memulai karier di Tokopedia pada Oktober 2012 sebagai akuntan dan keuangan. Pada 2018 dia dipromosikan sebagai COO karena dipercaya dapat membangun tim marketing yang solid dengan mengedepankan analisis keuangan perusahaan dalam perencanaan strategi pertumbuhan bisnis.

Kini, Melissa berhasil meraih penghargaan The Most Extraordinary Women Business Leaders di skor kedua tertinggi dari 18 Most Extraordinary Women Business Leaders lainnya. Dia dinilai mampu menghadapi tantangan dan dampak pandemi terhadap bisnis perusahaan serta strategi mencakup aspek leadership, kesehatan karyawan, dan bisnis.

Selain Melissa, Women Business Leader lain yang terus berinovasi dan berkontribusi pada apresiasi ini yakni, Alexandra Askandar selaku Wakil Direktur Utama, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Connie Ang selaku CEO Danone Indonesia, FM Venusiana R selaku Direktur Consumer Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Dian Siswarini selaku President Director & CEO PT XL Axiata Tbk, dan beberapa wanita hebat lainnya.

Share Artikel:

Oleh: Adeline Kinanti