Menu

Semalam Mimpi Indah tapi saat Bangun Tidur Sudah Lupa? Berikut Ini Alasan Sulit Mengingat Mimpi!

18 Desember 2020 08:35 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang tidur. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti pernah kan ketika tidur di malam hari kemudian mengalami mimpi indah namun ketika di pagi hari kamu malah lupa dengan mimpi sendiri? Meskipun kita sudah berusaha untuk mengingat mimpi kita semalam tetap saja enggak bisa mengingatnya secara penuh.

Sudah pasti hal seperti ini bikin kamu bertanya-tanya kan kenapa kamu enggak bisa mengingat mimpi kamu sendiri? Berikut ini, HerStory akan membantu kamu mendapatkan jawaban dari pertanyaan kamu, nih! Yuk perhatikan!

Stress

Faktor pertama adalah stress. Jika kamu sedang stress maka kamu akan sulit untuk mengingat mimpi kamu di malam hari. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa stress enggak hanya mengganggu dan mengurangi tidur namun juga bisa mengakibatkan meningkatkan frekuensi terbangun di tengah tidur. Hal itu lah yang akhirnya membuat kamu sulit untuk mengingat mimpi kamu sendiri.

Pola Makan

Ternyata pola makan juga bisa memengaruhi ingatan kamu mengenai mimpi lho! Sebuah penelitian mengatakan bahwa pola makan yang banyak mengonsumsi buah, sayuran, serat dan juga minya nabati bisa membantu kamu untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman dan kondusif. Jika kamu enggak rutin mengonsumsi makan makanan sehat seperti itu maka akan mengganggu kerja REM dan ingatan terhadap mimpi.

Trauma

Selain stress, trauma juga bisa memengaruhi ingatan kamu tentang mimpi. Trauma sebenarnya hapir sama dengan stress, namun trauma akan lebih terasa intens. Jika seseorang memiliki rasa trauma maka dia akan lebih mudah merasakan insomnia dan juga bisa membuat ingatan kita berkurang tentang mimpi sebagai cara untuk melupakan mimpi buruk yang menyakitkan.

Gangguan Tidur

Jika kamu mengalami gangguan tidur seperti insomnia, sleepapnea sampai narkolepsi maka hal itu bisa berdampak pada REM kamu lho! Selain gangguan tidur, pemasangan waktu alarm yang terlalu cepat juga bisa membuat kamu lebih mudah melupakan mimpi yang kamu rasakan ketika tidur. Oleh karena itu, perhatikan periode transisi dari tidur ke bangun tampaknya berpengaruh terhadap ingatan seseorang tentang mimpi.