Menu

Cocok Buat Diabetesi, Ini 5 Camilan Terbaik untuk Stabilkan Gula Darah Menurut Ahli, Cuss Cicipi!

25 Mei 2022 13:15 WIB

Camilan sehat untuk stabilkan gula darah. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, jika kamu membutuhkan energi di pagi hari, sore hari, atau bahan bakar setelah berolahraga, camilan bisa menjadi kunci untuk menahan nafsu makanmu sampai jam makan berikutnya.

Namun, jika kamu menderita diabetes, pradiabetes, atau kondisi lain yang mengharuskan kamu memperhatikan kadar gula darah, maka sangat penting bagi kamu untuk memilih makanan penstabil gula darah.

Ya, jika kamu termasuk dalam salah satu kategori yang disebutkan di atas, kamu mungkin disarankan untuk menghindari banyak makanan. Tapi untungnya, Beauty, masih ada berbagai pilihan makanan yang tak hanya akan memuaskan rasa lapar, tetapi juga menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Menurut anggota Dewan Ahli Medi,s Molly Hembree, MS, RD, LD, ada beberapa makanan ringan atau camilan terbaik untuk manajemen gula darah termasuk sumber protein dan karbohidrat tinggi serat. Apa saja?

Dilansir dari Eat This, berikut 5 makanan ringan yang dapat membantumu mengelola gula darah.

1. Irisan Apel + Selai Kacang

Sebuah apel berukuran sedang memiliki 4,8 gram serat. Nutrisi ini membantu memperlambat pencernaan, yang mencegah gula darah naik dengan cepat. Selain dikemas dengan vitamin, apel juga kaya akan polifenol.

Antioksidan ini telah ditemukan untuk merangsang pelepasan insulin pankreas. Ini membantu sel-sel tubuh menyerap gula, yang pada akhirnya menurunkan kadar gula darah.

Plus, selai kacang penuh dengan lemak sehat, membuat kombinasi camilan klasik ini sangat memuaskan.

"Apel adalah sumber karbohidrat yang baik dalam bentuk gula alami (fruktosa). Jadi, jangan ragu mencelupkan apel dalam selai kacang untuk menambahkan protein untuk membantu mengelola gula darah, " kata Hembree.

2. Keju Cottage + Persik

Selanjutnya, Hembree mengatakan, keju cottage, terutama versi rendah lemak, merupakan sumber protein yang, ketika dipasangkan dengan buah seperti buah persik, dapat membantu meningkatkan asupan serat dan menstabilkan gula darah.

Ya, meskipun dikenal karena rasa manisnya, buah persik dianggap sebagai buah dengan glikemik rendah, dengan skor 42 pada indeks glikemik (GI)—sistem yang memberi peringkat bagaimana makanan yang mengandung karbohidrat meningkatkan kadar gula darah.

3. Hummus + Wortel

Meskipun rasanya lebih manis, wortel adalah sayuran rendah karbohidrat dan non-tepung, yang berarti wortel tidak memiliki dampak signifikan pada kadar gula darah.

Selain menawarkan sumber protein, buncis—bahan utama dalam hummus—mengandung lemak sehat. Lemak ini membantu memperlambat penyerapan karbohidrat, memungkinkan gula dilepaskan ke aliran darah pada tingkat yang lebih stabil.

"Menggunakan (hummus) sebagai saus untuk sayuran dengan kandungan serat yang baik, seperti wortel, akan membantu menjaga kadar gula darah," kata Hembree.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa roti putih melepaskan gula empat kali lebih banyak ke dalam darah daripada hummus — meskipun faktanya kedua makanan mengandung jumlah karbohidrat yang sama.

4. Yogurt + Blueberry

Meskipun yogurt bisa menjadi sumber gula tambahan yang ‘licik’ jika kamu memilih variasi rasa, mengonsumsi yogurt tawar, tanpa lemak, sebenarnya dapat membantu menjaga kadar gula darah, karena mengandung protein tinggi dan rendah karbohidrat.

Menurut Healthline, sifat ramah gula darah yogurt sebagian dapat dikaitkan dengan probiotik, yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme makanan yang mengandung gula. Probiotik ini juga telah disarankan untuk membantu menurunkan peradangan.

Dan buah apa yang lebih baik untuk melengkapi yogurt selain buah beri yang oleh American Diabetes Association disebut sebagai "makanan superstar", penuh dengan antioksidan dan serat, adalah blueberry. Ya, buah super itu diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, dan membantu pemrosesan glukosa.

5. Almond + Jeruk

Jeruk adalah buah lain yang masuk dalam daftar makanan superstar American Diabetes Association, berkat indeks glikemiknya yang rendah dan kandungan serat yang tinggi. Untuk melengkapi profil nutrisi camilan ini, almond juga menyediakan serat, protein, dan lemak sehat.

Dalam sebuah studi 2011, para peneliti menemukan bahwa peserta yang makan 60 gram (0,46 cangkir) almond setiap hari selama 12 minggu mengalami tingkat insulin puasa dan gula darah puasa yang lebih rendah daripada mereka yang makan diet kontrol.

Tertarik mencicipinya, Beauty?