Menu

Sering Bad Mood saat Bekerja? Ini 4 Cara Jitu Mengusirnya, Simak Yuk!

04 Desember 2020 11:30 WIB

Ilustrasi seorang wanita yang sedang bersedih (Unsplash/Nicholas Bui)

HerStory, Jakarta —

Hai Beauty, menjalani aktivitas yang monoton kadang memang membosankan bahkan bisa membuat mood kita menjadi jelek. Sama halnya seperti kamu yang selalu rutin bekerja di kantor, pasti lama kelamaan akan dilanda rasa bosan dan bisa menurunkan semangat bekerja. 

Bad mood sendiri adalah kondisi emosional yang menyebabkan seseorang bereaksi negatif terhadap hal yang ada di sekitarnya. Reaksi negatif yang muncul merupakan reaksi bias. Artinya, bisa saja secara normal, hal tersebut tak akan memicu reaksi negatif pada orang dengan mood yang sedang baik-baik saja.

Nah, gimana sih cara menghilangkan mood dengan cepat saat kita sedang berada di kantor? Tenang Beauty, berikut HerStory telah merangkumnya dilansir dari berbagai sumber. Ini 4 cara jitu mengusir bad mood dengan mudah, simak terus ukasan berikut ini ya!

Mendengarkan musik  

Menurut Darlene Mininni, pengajar pengembangan profesional dan psikolog kesehatan di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, dan penulis buku ‘The Emotional Tool Kit’, mendengarkan musik dapat menenangkan situasi hati. Terdapat studi yang menemukan bahwa mendengarkan musik klasik hanya dalam 10 menit dapat meminimalkan perasaan negatif. 

Jadi ketika perasaan bosan muncul, mendengarkan musik klasik atau musik favorit Anda dapat membangkitkan kembali semangat. Pastikan mendengarkan musik di kantor menggunakan earphone ya Beauty, agar rekan kerja yang lain enggak terganggu! 

Mengobrol dengan rekan kerja 

Ketika bad mood datang dan membuat kamu hanya ingin terdiam atau berbaring santai. Namun itu tak mungkin dilakukan bila tugas pekerjaan masih menumpuk, cari kembali rasa semangat dengan mengajak rekan kerja berbincang agar suasana hati lebih tenang. Dengan begitu, bisa aja kamu bakal mendapatkan informasi yang menarik dan membangkitkan semangat. Tapi, ingat ya Beauty! Jangan sampai mengobrol ini malah mengganggu efektivitas bekerja.

Menghirup aroma yang menenangkan  

Penulis buku terlaris asal Amerika Serikat, Gretchen Rubin, mengatakan menghirup aroma yang menyegarkan dan menenangkan dapat meningkatkan mood jadi lebih baik. Menurutnya meredakan suasana hati yang buruk di kantor bisa dengan cara sederhana ini. Ketika kita menghirup aroma vanila yang lembut atau aroma kopi maka rasa stres akan memudar. 

Melatih pernapasan 

Menurut pelatih pernapasan asal Turki, Nevsah Karamehmet mengatakan pada Elite Daily, kita perlu mengatur pernapasan pada situasi-situasi tertentu. Jadi kita harus memperhatikan pernapasan pada masa penuh tekanan, marah, lelah, hingga kehilangan fokus. Jadi mengatur pernapasan menjadi cara terbaik untuk menghadapi rasa bosan juga.  

Cara sederhahannya kamu dapat menghirup napas dengan cara menarik perut bagian bawah dan mengeluarkan napas melalui mulut secara perlahan. Lakukan cara ini selama beberapa menit hingga seluruh energi negatif di dalam diri hilang dan otak pun menjadi lebih rileks. 

Artikel Pilihan