Menu

5 Keterampilan Hidup Dasar Ini Sebaiknya Diajarkan ke Anak Sejak Dini, Apa Saja Itu?

01 September 2020 19:15 WIB

Ilustrasi anak sedang membersihkan rumah (House Cleaning Melborne/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, sebagai orang tua tentunya kamu enggak mau kan melihat si kecil yang mulai beranjak remaja tapi enggak tahu cara mengurus dirinya sendiri? Nah, makanya penting banget untuk mengajarkan anak keterampilan hidup dasar sejak dini. Hal ini akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Dengan mengajarkan anak dengan keterampilan hidup dasar sejak dini, juga membuatnya siap untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. 

Merangkum dari berbagai sumber, Senin (1/9/2020), berikut lima keterampilan hidup dasar yang bisa kamu ajarkan sejak dini kepada buah hati.

Merapikan mainan dan beres-beres rumah

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang enggak suka kalau melihat rumah berantakan. Terkadang, anak kerap menjadikan rumah sebagai taman bermain dan membuat setiap sudutnya penuh dengan barang dan mainan miliknya.

Beauty, mungkin kamu bisa menanamkan sikap rapi kepada si kecil di usia dini. Ajak dia saat kamu tengah merapikan mainannya atau beres-beres rumah. Kamu juga bisa membantuan kepadanya untuk melakukan hal-hal kecil. Memasukan mainan ke dalam ranjang, misalnya.

Atau kamu juga bisa mengajarkan si kecil untuk mulai disipilin dengan membereskan tempat tidurnya saat bangun. Walau enggak benar-benar rapi, si kecil akan terbiasa dengan tanggung jawabnya tersebut.

Menyiapkan makanan

Selanjutnya, kamu bisa mengajak si kecil saat kamu tengah memasak. Kamu bisa memberinya tugas dengan menyiapkan alat-alat makan, membersihkan meja makan, atau bahkan meminta bantuannya untuk memecahkan telur ke dalam mangkuk.

Seperti yang disebutkan di laman Parents, kamu juga bisa menugasi si kecil untuk menyiapkan bekalnya sendiri. Seperti membuat sandwich versi mereka tanpa harus melibatkan kompor yang dirasa berbahaya untuk dilakukan.

Mencuci pakaian

Kalau si kecil sudah mulai tumbuh remaja, berkisar usia 10 tahun ke atas, kamu juga bisa membebaninya tugas yang agak sedikit berat. Mencuci pakaiannya sendiri, misalnya. 

Dari kegiatan ini, anak akan belajar banyak hal, seperti memilah baju berdasar warna dan tektur kain. Seiring bertambahnya usia, ia juga mulai mengerti bagaimana menggunakan mesin cuci dengan baik.

Enggak cuma mencuci aja, kamu juga harus mengajaknya menjemur pakaian. Kalau sudah kering,  ajak pula untuk melipat pakaian dan menyimpannya dengan rapi. Anak akan merekam semua aktivitas yang dilakukanmu untuknya. Dengan begitu, ia akan mulai belajar mandiri dan mengurangi sedikit bebanmu.

Manjaemen waktu

Selain itu, penting banget untuk mengajari manajemen waktu kepada si kecil sejak dini. Anak perlu diajarrkan soal menakar durasi, melakukan segala hal dengan tepat waktu, dan tentunya sesuai jadwal yang ditentukan.

Misal, waktu untuk beribadah, bermain, belajar, hingga istirahat perlu diajarkannya sejak dini. Beauty, kamu bisa memberi pemahaman kepadanya kalau dengan memiliki manajemen waktu yang baik akan mempermudah segala aktivitas sehari-hari.

Manajemen keuangan

Terakhir, kamu juga bisa mengajarkan kemampuan hidup dasar kepada anak perihal mengelola keuangan. Seperti yang disebutkan dalam verywellfamily, anak perlu diajarkan tentang kesadaran memperlakukan uang sejak dini.

Saat usianya menginjak 10 tahun atau bahkan sebelumnya, kamu bisa mengajarkan anak untuk menabung hingga menggunakan uang dengan bijak. Kamu juga bisa memberinya pemahaman betapa pentingnya menabung kepada anak.

Bekal tentang mengatur keuangan yang kamu berikan sejak dini, akan membantu anak terhindar dari jeratan hutang atau masalah finansial lainnya saat ia dewasa kelak.

Kalau si kecil sudah mulai keterampilan hidup tersebut, jangan lupa kasih reward biar makin semangat, Beauty. Bentuk hadiah yang kamu berikan enggak selalu dengan uang atau barang. Kamu juga bisa memberikannya pujian yang membuatnya semakin ingin melakukan tugas-tugas rumahan yang kamu berikan.

Semoga bermanfaat!