Menu

Mengenal 7 Macam Kehamilan Anak Kembar yang Jarang Diketahui, Apa Saja Itu?

03 September 2020 19:35 WIB

Bayi kembar mengenakan kostum kelinci. (The Bump/Edited by HerStory).

HerStory, Jakarta —

Beauty, mungkin banyak di antara kamu yang mendamba-dambakan kehadiran anak kembar, setelah berumah tangga nantinya. Anak kembar kerap menjadi sorotan banyak orang seiring tumbuh kembangnya. Banyak orang yang merasa gemas saat melihat anak kembar dan kerap memerhatikannya dengan penasaran.

Beauty, mungkin selama ini kamu hanya mengetahui kembar identik dan kembar jenis kelamin saja. Tapi, ternyata banyak lho jenis anak kembar lainnya yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

Mengutip dari laman sindikasi Muslimah DailyKamis (3/9/2020), berikut tujuh macam anak kembar yang oerlu kamu tahu.

Kembar Cermin

Banyak yang mengira kalau kembar cermin ini sama halnya dengan kembar identik, tapi sebenarnya berbeda lho. Kalau kembar identik salah satu selnya membelah di minggu pertama usai pembuahan, kembar cermin baru membelah setelah 7-12 hari pembuahan.

Dalam jangka waktu 7-12 hari, embrio bayi biasanya sudah mengembangkan sisi kanan dan sisi kiri.Hasilnya, lahirlah sepasang kembar identik yang merupakan cerminan satu sama lain.

Contohnya, gigi mereka tumbuh dari sisi yang berlawanan, salah seorang kidal dan saudaranya enggak, atau memiliki lokasi lesung yang berlawanan, salah satunya memiliki lesung pipi di kiri dan saudaranya memiliki lesung di kanan. Pokoknya, kayak cermin banget deh.

Kembar Siam

Kembar siam adalah kembar identik yang fisiknya menyatu satu sama lain. Beberapa dokter mengatakan penyebabnya adalah telur yang dibuahi enggak membelah sempurna dalam waktu 12 hari atau lebih. Beberapa dokter lainnya mengatakan sel telur sudah membelah sempurna, tapi menyatu kembali.

Bagian tubuh yang menyatu bervariasi, umumnya di bagian dada atau perut. Hampir seluruh kembar siam yang ditemukan berbagi satu-dua organ vital untuk hidup. Misalnya satu jantung untuk menghidupi sepasang kembar siam.

Kebanyakan kembar siam meninggal tak lama setelah dilahirkan. Beberapa kembar siam yang mampu bertahan hidup biasanya menjalani operasi pemisahan sebelumnya.

Namun operasi pemisahan ini tergantung dari bagian tubuh mana yang menyatu dan organ dalam. Walaupun fisiknya menyatu, kembar siam adalah dua individu yang memiliki pemikiran masing-masing.

Kembar Parasit

Kembar parasit mirip seperti kembar siam, tapi di kembar parasit, saudara yang kecil bergantung hidup pada saudara yang lebih besar/berkembang. Saudara yang kecil adalah bayi yang belum terbentuk sempurna dan bisa saja enggak memiliki organ vitas seperti otak dan jantung.

Saudara kecil dapat menempel pada saudara besar, di bagian tubuh manapun. Terkadang saudara kecil ini akan terlihat seperti benjolan, kepala kedua yang enggak berfungsi, atau seperti lengan ekstra yang menempel di bagian tubuh yang tak lazim.

Kembar Semi-identik

Kembar semi-identik adalah tipe kembar langka di dunia. Sejauh ini, baru ditemukan dua pasang kembar semi-identik di dunia. Kembar semi-identik adalah hasil dari dua sel sperma yang membuahi satu sel telur. Untuk bisa berkembang menjadi embrio, sel telur harus membelah.

Kembar Identik Beda Jenis Kelamin

Kembar identik beda jenis kelamin juga tipe kembar yang sangat jarang ditemui. Sepasang kembar ini awalnya adalah kembar identik lelaki, dengan gen kromosom XY. Namun, saat sel telur membelah, terjadi mutase genetik yang menyebabkan salah satu saudara kembar kehilangan gen kromosom Y, dan berubah menjadi XO. Mutasi genetik ini dikenal dengan nama sindrom turner.

Saudara yang hanya memiliki satu X di gen kromosomnya terlihat seperti perempuan pada umumnya, tetapi ketika dewasa nanti, saudara perempuan ini akan memiliki kesulitan melahirkan dan mereproduksi. Sedangkan saudara lelakinya enggak memiliki kesulitan tersebut.

Kembar Identik

Beauty, mungkin kamu sudah enggak asing lagi dengan istilah kembar identik. Kembar identik ini berasal dari satu sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma, tetapi sel telur kemudian terbelah menjadi dua tak lama setelah proses pembuahan. Dua sel telur ini akan tumbuh menjadi bayi.

Lantaran dua sel telur ini berasal dari sel telur dan sel sperma yang sama, makan gen kromosom mereka 100 persen identik. Artinya sepasang kembar ini memiliki jenis kelamin yang sama, dan karakteristik genetik yang sama, seperti warna rambut dan warna bola mata.

Kembar Fraternal

Ketika wanita melepaskan dua sel telur di saat yang bersamaan, dan keduanya dibuahi oleh sel sperma yang berbeda, maka sepasang kembar yang lahir nantinya adalah kembar fraternal alias enggak identik.

Kembar fraternal hanya memiliki kesamaan gen kromosom 50 persen, sama seperti saudara kandung pada umumnya. Ini artinya sepasang kembar fraternal mungkin saja memiliki jenis kelamin yang berbeda dan penampilan fisik yang berbeda pula.

Itulah berbagai jenis tipe kembar di dunia! Beberapa di antaranya membuat terkagum-kagum, dan beberapa di antaranya menyadarkan diri untuk bersyukur dengan kondisi fisik yang dimiliki saat ini.