Menu

Moms, Berikut Rekomendasi Homeschooling Terbaik di Jakarta untuk Buah Hati!

04 September 2020 11:00 WIB

Siswa mengerjakan tugas sekolah di rumahnya di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (30/5/2020). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj)

HerStory, Jakarta —

Homeschooling merupakan sekolah mandiri yang dilakukan secara individual atau berkelompok banyak orang tua yang mengikutkan anak-anak mereka di homeschooling, hal ini dilakukan karena kebutuhan pendidikan dari setiap anak berbeda-beda. Homeschooling memiliki sifat yang fleksibel dan juga kontekstual.

Orang tua menjadi orang yang memiliki peran penting dalam mendesain sekolah yang sesuai dengan anak-anak mereka karena orang tua yang memiliki pandangan mengenai pendidikan seperti apa yang ingin didapatkan oleh anak-anak mereka.

Di Jakarta sudah banyak lembaga homeschooling dengan berbagai macam ciri khas, namun kali ini HerStory ingin merekomendasikan empat homeschooling terbaik di Jakarta untuk buah hati.

Primagama

Primagama merupakan homeschooling rekomendasi HerStory yang pertama. Di dalam website pribadi mereka dikatakan bahwa mereka merupakan sekolah yang berbasis bakat dan minat. Hal ini yang membuat metode pembelajaran mereka lebih menggunakan pendekata psikologis dan akademik.

Kurikulum yang dimiliki oleh mereka adalah kurikulum nasional (TK, SD, SMP, SMA), Internasional (Cambridge International Examination), dan kurikulum anak berkebutuhan khusus. Mata pelajaran yang ada di homeschooling Primagama ini adalah mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional dengan tambahan materi yang sesuai dengan minat siswanya.

Selain di bidang akademik, Prigama juga memberikan anak-anak kebebasan untuk memiliki ekstrakulikuler yang sesuai dengan minat mereka. Dan juga Primagama sendiri sudah memiliki banyak sanggat untuk menyalurkan serta mengembagkan minat masing-masing siswa mereka.

Kak Seto

Kak Seto memang sudah dikenal dengan profesinya yang dekat dengan dunia anak, hal ini yang membuat orang tua mempercayai homeschooling miliknya untuk mengajarkan anak-anak mereka. Pendekatan yang dilakukan di homeschooling  ini seakan-akan membuat anak seperti belajar di rumah sehingga anak bisa merasa lebih nyaman dan senang.

Di dalam homeschooling ini disediakan beberapa pilihan yaitu komunitas, distance learning, serta pendidikan khusus. Program komunitas dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu minggu dan khusus d hari Jumat anak-anak akan mengikuti kelas ketrampilan. Maksimal siswa yang ikut program ini sebanyak 10 orang sehingga anak tetap mampu bersosialisasi di kelas ekslusif.

Program distance learning dilakukan di rumah siswa masing-masing dengan pendampingan dari orang tua atau dilakukan oleh tutor visit dengan waktu serta tempat yang fleksibel.

Berikut ini daftar biaya untuk mengikuti belajar di homeschooling Kak Seto!

INRII

Lembaga homeschooling INRII sudah ada semanjak Mei 2010. Lembaga pendidikan ini juga merupakan anggota dari Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (ASAHPENA) yang ketua umumnya adalah Dr. Seto Mulyadi, Psi., atau yang akrab disapa Kak Seto. Adapun kata INRII sendiri adalah singkatan dari Indonesia Berdikari.

Program yang dimiliki oleh homeschooling ini antara lain community class, distance learning, dan tutor visiting. Kelas komunitas dilakukan secara eksklusif yang di dalam satu kelas terdapat 7 hingga 8 siswa dan waktu belajar tiga kali dalam seminggu dengan durasi belajar dua jam setiap pertemuannya.

Kemudian, distance learning merupakan pemebelajaran jarak jauh dan disediakan guru pendamping. Program tutor visiting adalah sarana bagi orang tua untuk mendatangkan tutor ke rumah untuk mendampingin anak-anak belajar.

Biaya setiap program berbeda-beda, seperti kelas komunitas sebesar Rp650.000/bulan, biaya buku Rp1.000.000/tahun dan biaya kegiatan Rp1.500.000/semester.

Kasih Anugerah

Homeschooling ini merupakan homeschooling yang berada di bawah naungan Yayasan Kasih Anugerah Pelopor yang memiliki visi serta misi mendidik anak dengan kasih agar mampu menjadi anak yang berkualitas. Program yang disediakan antara lain tutorial, klasikal, dan mandiri.

Program tutorial mendatang guru ke rumah siswa dengan waktu dan juga tempat sesuai dengan keinginan siswa. Waktu belajar program ini sebanyak dua kali dalam satu minggu dengan durasi belajar selama dua jam tiap pertemuan. Bahan pelajaran dan ujian diberikan oleh Kasih Anugerah.

Program klasikal yaitu anak belajar di dalam kelas setiap hari Selasa dan Kamis. Waktu belajar dimulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB dengan materi dan ujian diberikan oleh Kasih Anugerah. Kemudian untuk program mandiri siswa akan belajar sendiri dengan didampingin oleh orang tua dan guru privat.

Biaya yang harus dikeluarkan antara lain program tutorial sebanyak Rp1.500.000/bulan, program klasikal Rp800.000/bulan, serta program mandiri Rp700.000/bulan.