Menu

Ternyata! Begini Lho Tips untuk Cuci Handuk Agar Tetap Lembut dan Gak Kasar!

08 September 2020 11:30 WIB

Tumpukan handuk berwarna hijau di atas kursi. (Unsplash/Denny Müller)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pernah nggak sih merasakan handuk yang tadinya terasa lembut namun setelah dipakai berubah menjadi kasar? Walau sudah dibersihkan menggunakan pelembut pakaian pun, tekstur handuk yang lembut enggak bisa kembali seperti sedia kala.

Oleh karena itu, HerStory mencoba berbagi tips mengenai merawat handuk mandi kamu agar tetap nyaman digunakan dan enggak merusak tekstur kulit kamu! Yuk!

Cuci Terpisah dari Pakaian Lain

Tips yang pertama adalah memisahkan handuk yang kamu miliki dengan pakaian sehari-hari ketika ingin mencucinya. Hal ini dilakukan agar serat halus yang ada pada handuk kamu enggak lepas dan menempel pada pakaian. Kemudian, kamu juga harus menghindari untuk mencuci handuk dengan jumlah banyak, karena bisa membuat mesin cuci enggak bekerja dengan optimal. Jadi, ketika dijemur handuk tersebut bisa masih basah dan berubah menjadi kasar.

Ganti Produk Pelembut dengan Cuka Putih

Mungkin kita tahu bahwa selama ini produk pelembut pakaian mampu mengatasi masalah seperti handuk dengan tekstur kasar, ternyata belum tentu, lho! Menurut artikel dari The Washington Post dikatakan bahwa pelembut pakaian bisa meninggalkan residu di permukaan handuk kamu sehingga bisa merusak tekstur. Selain itu, pelembut pakaian juga mengandung minyak yang membuat daya serap handuk berkurang.

Untuk mengatasi masalah itu, lebih baik kamu mencoba mengubah produk tersebut dengan menggunakan cuka putih karena dianggap mampu membantu melembutkan handuk kamu. Jika kamu mencuci handuk kamu dengan mesin, kamu bisa memasukkan cuka putih ke dalam mesin cuci, namun jika kamu mencuci secara manual maka kamu bisa masukkan handuk ke dalam air kemudian campurkan cuka putih dan tunggu kurang lebih 15 menit lalu bilas hingga bersih dengan air biasa.

Keringkan dengan Suhu Rendah

Selain proses mencuci, proses mengeringkan handuk juga perlu kamu perhatikan ya, Beauty. Karena suhu yang terlalu panas juga bisa membuat tekstur handuk menjadi berubah. Kamu harus pastikan bahwa handuk kamu dikeringkan dengan temperatur yang sesuai. Pastikan jemur handuk di tempat yang dingin atau enggak terpapar sinar matahari langsung, ya.

Jangan Disetrika

Ternyata handuk mandi enggak boleh disetrika, lho, Beauty! Karena jika kamu menyetrika handuk kamu secara enggak langsung dia akan merasakan suhu panas yang akan menempel pada permukaan handuk dan bisa merusak serat-serat lembut padanya. Jadi, jika sudah dicuci kamu bisa langsung melipatnya, kok.

Selamat mencoba ya, Beauty!