Menu

Moms Wajib Tahu! Ini 8 Daftar Asupan Terbaik untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak, Catat Ya...

20 Juni 2022 14:55 WIB

Ilustrasi anak sedang makan sayuran. (Freepik/pvproductions)

HerStory, Jakarta —

Moms pasti pernah merasakan bingung saat memberikan makanan dan minuman yang baik untuk anak. Pastinya sebagai orang tua, moms memiliki keinginan untuk memberikan akan asupan yang bernutrisi.

Namun, biasanya makanan yang bernutrsi dan bagus untuk anak justru sering kali di tolak bahkan anak tak menyukainya. Saking susahnya anak diberikan menu makanan yang bernutrsi, moms sering kali membolehkan anak menyantap makanan yang kurang sehat dan tak ada nutrisinya.

Padahal, ada banyak jenis makanan dan minuman bernutrisi yang mudah didapat dan disukai anak, demi mendukung tumbuh kembang. Meski kini sudah banyak beredar suplemen vitamin atau susu peninggi badan untuk membantu pertumbuhan anak, memberi asupan alami tetap menjadi keharusan.

“Dalam pemenuhan nutrisi, masa anak-anak merupakan masa krusial yang berlangsung sangat pendek dan tidak dapat diulang lagi,” ujar Pakar penyakit nutrisi dan metabolik anak, dr. Damayanti R. Sjarif, SpA(K). Dikutip dari laman sindikasi GenPI.co, Senin (20/6/2022).

Berikut deretan makanan nutrisi tinggi untuk anak yang wajib tersedia di rumah, dilansir dari GenPI.co.

1. Telur

Satu buah telur memiliki kandungan 6 gram protein, kaya vitamin D, vitamin B12, dan zat besi. Zat- zat ini berperan meningkatkan imunitas dan pembentukan sel darah merah anak, kemudian membantu perkembangan otak anak.

Telur dapat diolah dengan berbagai cara. Yakni dikukus, direbus, atau diorak-arik. Telur dapat diberikan pada usia 6 bulan, untuk mencegah alergi makanan.

2. Ikan

Ikan terbaik adalah ikan yang berminyak dan ditangkap di laut lepas. Sebab, ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh dan perkembangan otak.

Beberapa di antaranya adalah ikan salmon, tuna, makarel, dan sarden. Anda bisa memasak ikan dengan cara dikukus, dipanggang, atau broiling. Namun, jika ikan segar tak tersedia, pilihlah ikan yang frozen atau kemasan kaleng dengan sodium rendah.

3. Kacang-kacangan

Kacang tanah, kacang merah, kacang hitam, bergizi tinggi dan mengandung protein dan serat. Serat yang terkandung di dalamnya akan membantu menyehatkan usus dan membuat anak lebih cepat dan lebih lama kenyang. Kacang mudah dimasak dan dikombinasikan di berbagai menu. Selai kacang merupakan pilihan makanan yang cukup menyehatkan.

4. Sayur

Sayuran adalah tantangan makanan bagi anak maupun dewasa. Cara terbaik untuk mengkonsumsi sayuran adalah memilih sayuran dengan berbagai warna dengan nutrisi berbeda.

Misalnya, sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung vitamin K tinggi. Kemudian, sayuran berwarna jingga dan merah seperti tomat dan wortel mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Jenis sayuran yang umumnya disukai anak-anak ialah wortel, jagung, kacang polong, buncis, dan kentang.

Selain makanan bergizi, anak dalam proses pertumbuhan butuh kandungan dan zat yang baik dari minuman.

Berikut adalah beberapa jenis minuman yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Selain itu, mencegah anak dari resiko gangguan seperti obesitas hingga diabetes.

1. Susu

Susu memiliki begitu banyak sekali manfaat untuk tumbuh kembang anak. Terutama dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Susu juga kaya akan berbagai nutrisi yang dibutuhkan, seperti protein, kalsium, fosfor, dan magnesium. Selain susu sapi, jenis susu lainnya juga nggak kalah memiliki manfaat kebaikan. Susu nabati dapat menjadi pilihan yang baik bagi anak-anak yang intoleransi terhadap produk susu. Susu nabati antara lain seperti susu almond, kelapa, dan susu kedelai.

Susu dari tumbuh-tumbuhan ini juga memiliki zat gizi esensial, dan vitamin yang berbeda dari susu hewani. Umumnya jenis susu ini mengandung vitamin B12, kalsium, dan vitamin D.

Sebaiknya jauhi produk susu yang mengandung banyak gula tambahan. Sebab gula tambahan akan dapat merusak gigi dan memicu obesitas pada anak.

2. Jus Buah

Buah-buahan adalah sumber vitamin dan serat yang tentunya baik bagi perkembangan anak. Buah sendiri dapat diolah dengan berbagai agar membuatnya lebih enak untuk dikonsumsi, salah satunya adalah jus buah.

Selain nikmat, jus buah-buah juga memiliki banyak manfaat. Contohnya jus apel dan jeruk memiliki kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk sistem imun anak.

Namun, hindari memberikan jus buah dalam kemasan. Sebab jus buah dalam kemasan umumnya dibuat dengan kandungan gula cukup tinggi yang dapat memicu kerusakan gigi. Sementara, untuk balita usia 4-5 tahun, sebaiknya asupan jus buah dibatasi 120-180 ml per hari.

3. Air kelapa

Minuman kelapa identik dengan suasana liburan di tepian pantai. Rasanya segar terlebih ketika minuman ini dikonsumsi di siang hari yang panas.

Air kelapa memiliki kandungan kalori dan gula. Meski demikian, kamu nggak perlu khawatir sebab keduanya diproduksi secara alami. Air kelapa juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi si Kecil. Antara lain vitamin C, magnesium, juga potassium.

Kemudian air kelapa juga dikenal kaya akan elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan tubuh serta memastikan kerja saraf, otot, dan jantung anak terjaga baik.

Air kelapa juga berguna ketika anak sedang sakit muntah atau diare, kemudian ketika mereka butuh menjaga tubuh mereka tetap terhidrasi.

4. Air putih

Tak lengkap rasanya jika nggak menyertakan air putih ke dalam daftar minuman yang baik untuk anak. Minuman ini memiliki begitu banyak manfaat, mulai dari kesehatan sampai perkembangan tubuh mereka.

Kendati tak memiliki rasa, minum air putih tetap saja menyegarkan. Terlebih setelah anak lelah beraktivitas di siang hari. Untuk anak-anak usia 4-8 tahun, maka sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak 1.700 ml per harinya.

Air putih punya banyak manfaat bagi anak. Antara lain menjaga anak tetap terhidrasi, meningkatkan kecerdasan, menjaga kesehatan mulut dan gigi, juga mengurangi kemungkinan anak terkena sembelit.

Apabila anak-anak susah membiasakan diri untuk meminum air, Anda dapat mencoba membuat mereka menyukai air putih dengan beberapa cara. Misalnya, dengan membiasakan keluarga minum air putih, membiasakan anak membawa botol air minumnya sendiri, atau membawa botol air minum ketika berpergian. 

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.