Menu

Tokopedia dan Dekranasda DKI Bantu UMKM Lokal Majukan Bisnis, 2 Wanita Ini Pun Sukses Dulang Cuan dan Rebut Pasar Online, Siapa Saja?

21 Juni 2022 21:41 WIB

Para narasumber di acara virtual media briefing Jakarta Hajatan ke-495, Nyok Kite Dukung Karya UMKM Lokal, Selasa (21/6/2022). (Dok. Tokopedia)

HerStory, Jakarta —

Beauty, dalam menyambut HUT ke-495 DKI Jakarta 22 Juni 2022, perusahaan teknologi Tokopedia berkolaborasi dengan Dekranasda DKI Jakarta meluncurkan toko JakArtisan. Adapun, kolaborasi ini merupakan bagian dari inisiatif Tokopedia dalam gerakan Hyperlocal untuk memberikan panggung seluas-luasnya bagi UMKM DKI Jakarta.

“Tak hanya itu, Tokopedia pun menggelar pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play,” tutur Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, saat sesi virtual media briefing 'Jakarta Hajatan ke-495, Nyok Kite Dukung Karya UMKM Lokal', Selasa (21/6/2022).

Astri pun mengatakan, antusiasme masyarakat dalam mendukung produk UMKM DKI Jakarta sangat tinggi. Hal ini terlihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II-2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.

“Tokopedia juga mencatat beberapa kategori paling laris sepanjang kuartal II 2022 di ibu kota, yaitu Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Otomotif. Di sisi lain, Baju Pangsi, Blangkon Betawi dan Sabuk Adat Betawi menjadi beberapa produk khas Betawi paling dicari,” papar Astri.

Dituturkan Astri, tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia - yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial - untuk mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. Kampanye Bangga Buatan Indonesia adalah salah satu wujudnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati, pun mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. Dikatakannnya, kolaborasi Dekranasda DKI dengan Tokopedia ini merupakan bentuk masa depan sesungguhnya.

Menurut istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ini, sejak pandemi Covid-19 melanda, tak dapat dipungkiri bahwa hampir seluruh sektor perekonomian, termasuk UMKM terkena dampaknya. Dan tak sedikit dari mereka yang mengalami penurunan omzet.

Karenanya, demi bangkit dari pandemi, maka UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital.

“Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” imbuh Fery Farhati y.

Dilanjutkan Fery Farhati, dengan teknologi dan jangkauan pasar Tokopedia yang luas di 99 persen kecamatan di Indonesia, hadirnya toko JakArtisan by Dekranasda DKI Jakarta, di platform belanja daring buatan lokal ini jelas akan membantu memperluas pemasaran produk kerajinan lokal dari para perajin lokal DKI untuk menggapai segmen pembeli yang lebih luas,” paparnya.

“Ini kehidupan kita seterusnya, bahwa penjualan (secara) digital, semua serba digital, maka kita harus berubah dan harus mau menyesuaikan diri,” tandas Fery Farhati.

Nah Beauty, contoh UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai dan membangun bisnis antara lain adalah Dakara Indonesia dan Sancraft

Dakara Indonesia dan Sancraft, merupakan contoh UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai dan membangun bisnis.

Khusus untuk Dakara Indonesia sendiri, ia merupakan UMKM fesyen yang digagas oleh wanita tangguh bernama Ayu Purnama. Menurut Ayu, seluruh bahan busana bertema etnik yang digunakan Dakara Indonesia menggunakan bahan tenun ikat dan lurik.

“Lewat Dakara, kami membuat tenun lebih modern agar bisa diterima semua kalangan, termasuk anak muda,” ujar Ayu.

Dibeberkan Ayu, ia mulai berjualan di Tokopedia di awal pandemi karena toko offline harus tutup. Ia pun lantas mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun untuk membuat masker, tas pinggang, obi dan lain-lainnya.

“Kemudian, kami pun menggandeng penjahit rumahan untuk memproduksi outer, blouse, celana hingga tunik bersama Dakara agar mereka bisa tetap menjaga ekonomi keluarga,” tutur Ayu.

Ayu bilang, selama pandemi omzet penjualan cukup menurun drastis. Namun, Tokopedia membantu Dakara Indonesia dalam mempertahankan produknya tetap terjual.

“Kami rutin mengikuti berbagai kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest dan Women in Style di Tokopedia. Omzet Dakara Indonesia 90rasal dari Tokopedia,” terang Ayu.

Selanjutnya, UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta yang juga memanfaatkan Tokopedia adalah Sancraft.

Pemilik Sancraft, Sanjung Sari Pursie, mengaku, ia memulai usaha setelah imendapatkan respon positif dari rekannya saat menghasilkan totebag dengan ilustrasi buatan sendiri, yang terinspirasi dari karya seniman-seniman di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Kini berbagai ikon khas Jakarta, seperti ondel-ondel, bajaj, bis kota hingga tari jaipong, juga menjadi ilustrasi pada produk Sancraft.

Seiring berjalannya bisnis, kami pun terus melakukan inovasi, salah satunya dengan memproduksi jenis produk baru, seperti gantungan kunci dan notes,” ujar Sanjung.

Dikatakan Sanjung, pandemi menjadi tantangannya dalam berbisnis karena omzet dari gerai offline turun drastis hingga 50%.

“Sancraft bergabung di Tokopedia pada 2020 dan berhasil bertahan di tengah pandemi bahkan mampu menjaring lebih banyak pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia,” tutupnya.