Menu

Jangan Dulu Dibuang! Ini Manfaat Lain Make Up Kadaluarsa dan Tak Layak Pakai

09 September 2020 16:15 WIB

Kumpulan Make up yang ada di atas meja (Unsplash/The Honest Company)

HerStory, Bogor —

Beauty, pernahkah kamu merasa nyesek saat peralatan make up mu tidak bisa dipakai lagi. Misalnya ada produk yang kurang cocok saat kamu aplikasikan di kulit atau produk yang rusak karena tak sengaja kamu jatuhkan? Wah, sayang juga ya kalau dibuang.

Jangan khawatir, beauty. Tanpa kamu sadari, Sebenarnya produk make up mu juga punya manfaat lain lho. Asah kreatifitasmu agar produk make up yang kamu punya tidak terbuang sia-sia. Melansir dari Journal.sociolla.com, Rabu (9/9/2020), ini tips dan trik manfaatkan make up yang sudah tak layak pakai.

Sikat Maskara

Maskara yang sudah kedaluwarsa atau kering kerap tidak dipakai lagi, bahkan dibuang begitu saja. Namun, apabila memiliki segudang ide kreatif, kamu bisa memanfaatkan aplikator maskara untuk mengeksfoliasi bibir, lho!

Caranya pun mudah. Pertama-tama, rendam sikat maskara dalam mangkok yang telah diisi air panas dan sabun mandi. Aduk sikat maskara seraya membersihkannya. Setelah sikat bersih dari sisa-sisa maskara, kamu bisa menggunakannya sebagai alat eksfoliasi. Kenakan lip balm atau lip sleeping mask, lalu gosok bibir secara lembut menggunakan sikat maskara untuk mengangkat kulit mati.

Kuas Liquid Eyeliner

Karena lama tidak digunakan atau karena kemasannya tidak ditutup dengan benar, seringkali liquid eyeliner mengering. Nah, sebelum membuangnya, coba dimanfaatkan dulu, yuk! kamu bisa menggunakannya sebagai kuas kuteks.

Setelah kuas eyeliner cair dibersihkan, tinggal celupkan pada kuteks untuk digunakan, deh! Karena ukurannya yang kecil, tipis, dan runcing, kamu bisa memanfaaatkannya memanfaatkannya untuk membuat garis atau bahkan gambar pada kuku. Hmm, bisa untuk membuat nail art sederhana, nih!

Eyeshadow atau Blush yang Hancur

Kamu mungkin pernah secara tidak sengaja menjatuhkan compact powder, eyeshadow, atau blush dan membuatnya hancur. Meski melihatnya memang sakit hati, tapi tenang saja karena produk kecantikan yang hancur tersebut masih bisa dimanfaatkan.

Alih-alih membuangnya, kamu bisa 'melahirkannya kembali' menjadi sebuah produk dengan fungsi yang baru. Caranya, kumpulkan serpihan bubuk compact powder atau eyeshadow yang sudah hancur dan campurkan dengan pelembap secukupnya.

Jika sudah tercampur, maka warna pelembap akan berubah sesuai dengan warna powder yang dicampurkan dan bisa kamu aplikasikan sebagai cream product.

Kalau kebetulan warna produk yang kamu campurkan adalah eyeshadow cokelat dengan partikel shimmer, kamu bisa memanfaatkannya sebagai body glow cream untuk memberikan efek kulit tan berkilau pada area bahu, lho!

Lip Balm

Terlalu lama menyimpan lip balm, tidak hanya membuatnya kedaluwarsa, tetapi juga meleleh. Apalagi jika kamu menyimpannya di ruangan yang panas. Biasanya lip balm dikemas dalam bentuk stik, sehingga jika bentuknya tidak lagi padat, maka akan sulit menggunakannya.

Apabila mengalami hal serupa, coba pikir dua kali sebelum menyingkirkannya dari pouch. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan lip balm tersebut untuk melembapkan area lain yang sering mengalami permasalahan kulit, misalnya tumit kaki. Kulit kaki merupakan bagian tubuh di mana kulit cenderung kering dan pecah-pecah. Nah, sekarang kamu bisa memberi kelembapan pada tumit kaki secara praktis dengan mengoleskan lip balm.