Menu

Meski Lezat, Ini 3 Seafood yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Tiati Moms Segera Batasi Ya!

23 Juni 2022 11:30 WIB

Makanan Laut. (Pixabay/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi tentu tak boleh memakan makanan yang sembarangan. Salah satu makanan yang dilarang untuk dimakan adalah seafood atau makanan laut. Padahal, makanan ini digemari banyak orang lho! Kamu mau tahu apa saja seafood yang sebaiknya gak dikonsumsi? Yuk simak ulasannya!

Seafood diketahui memiliki banyak nutrisi penting, salah satunya asam lemak omega-3. Namun, seafood juga mengandung kolesterol tinggi. Oleh karena itu, bagi penderita kolesterol tinggi, sangat disarankan untuk menghindari seafood atau meminimalisir konsumsinya. 

Lantas, apa saja daftar seafood yang mengandung kolesterol tinggi dan perlu dihindari? Untuk selengkapnya, mari simak ulasannya di bawah ini yang dihimpun dari berbagai sumber. 

Seafood yang Mengandung Kolesterol Tinggi

1. Udang

Udang adalah salah satu menu seafood yang paling sering dipesan banyak orang, terutama bagi para pecinta seafood. Hanya saja, udang kurang baik dikonsumsi karena memiliki kolesterol tinggi. Menurut penelitian, setiap 100g udang memiliki 189 mg kolesterol.

Kandungan kolesterol ini dapat meningkat jika ditambah mengonsumsi udang goreng yang dicampur tepung.  Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi seafood satu ini, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dikukus atau dibakar. 

2. Lobster

Lobster juga salah satu seafood yang kandungan kolesterolnya tinggi, meski tak lebih tinggi dari udang. Bisa dikatakan kandungan kolesterol dalam lobster ini cenderung paling sedikit dibanding seafood lainnya. Pada 84 gram lobster terdapat 60 mg kolesterol.

Namun, kandungan kolesterol dalam lobster bisa bertambah jika  mengolahnya dicampur minyak atau mentega. Oleh karena itu, saat mengolah lobster kurang minyak atau mentega.

3. Kepiting 

Kepiting juga mengandung kolesterol tinggi. Dalam 84 gram kepiting mengandung 95 mg kolesterol. Meski kadarnya tak sebesar udang, namun kepiting masih lebih tinggi dari lobster. Terlebih lagi jika kamu mengosumsi kepiting yang diolah menggunakan minyak atau mentega, cara mengolah seperti ini membuat kadar koleterol dalam kepiting meningkat.

Demikian informasi mengenai seafood yang mengandung kolesterol tinggi. Selain 3 jenis seafood seperti yang disebutkan di atas, ada jenis seafood lainnya juga yang memiliki kadar kolesterol tinggi yaitu kerang dan tiram. Jadi jika kamu memiliki kadar kolesterol tinggi, sangat disarankan untuk menghindari beberapa jenis seafood seperti yang disebutkan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.