Menu

Moms Jangan Panik Dulu, 5 Hal Ini Perlu Kamu Ketahui soal Si Kecil yang Telat Berjalan

09 September 2020 17:15 WIB

Baby learn to walk (Emma's Diary/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sebagai seorang ibu, tentu kamu menginginkan si kecil tumbuh menjadi anak yang sehat kan, Moms? Hal yang paling kamu nantikan dari perkembangannya ialah saat anak mulai berbicara dan juga melangkah hebat dengan kaki kecilnya, bukan? Tapi, kamu seringkali di buat khawatir saat anak mulai memasuki usia satu tahun, tapi belum melihat perkembangan tersebut. Terutama saat melihat si kecil mampu berjalan sendiri.

Moms, jangan terburu-buru untuk panik dan juga khawatir. Atau bahkan berpikiran kalau si kecil mengalami kondisi delayed walking alias telat berjalan. Sebelum khawatir berkepanjangan, ada hal-hal yang perlu kamu ketahui terlebih dulu tentang si kecil yang telat berjalan.

Mengutip dari laman sindikasi Muslimah DailyRabu (9/9/2020), berikut lima di antaranya.

Belajar berjalan di usia 9-15 bulan

Umumnya, si kecil akan mulai berjalan pada usia 9 -15 bulan. Pada masa itu, tulang dan otot kakinya sudah mulai berkembang pesat dan kuat untuk berjalan. Makanya Moms, penting banget nih untuk melatih kekuatan otot kaki buah hati semasa ia masih bayi atau sekitar usia 0 – 1 tahun.

Misalnya, kamu bisa menempatkan bola berwarna cerah agar si kecil dapat bermain dan belajar menendang – nendang bola di atas tempat tidurnya. Tahapan bayi untuk duduk dan merangkak juga sangat penting agar si kecil bisa belajar keseimbangan nantinya, ketika ia berdiri dan mulai berjalan.

Kemampuan anak itu bervariasi

Kalau si kecil telat berjalan, sebenarnya kamu enggak perlu khawatir berlebihan. Buah hati mungkin terlihat hanya berdiri tegak mematung dan berusaha untuk menyeimbangkan tubuhnya. Hampir 70% massa tubuh adalah pinggul ke atas. Sehingga kaki membutuhkan banyak kekuatan untuk menopang tubuh.

Menurut profesor kinesiologi, Jody L. Jensen, PhD, dari University of Texas, wajar kalau balita telat berjalan karena memiliki kemampuan otot dan tulang kaki yang bervariasi.

Moms harus tetap bersabar dalam melatihnya belajar berjalan dan berusaha. Biarkan si kecil berdiri tegak dan membuat langkah pertamanya.

Alat bantu berjalan

Moms terntunya kamu tahu betul kalau saat ini sudah banyak alat bantu berjalan balita dengan berbagai merek dan material. Bentuknya mirip seperti gendongan dan ikat pinggang yang dipasangkan ke bagian perut anak.

Dalam penggunaanya, kamu bisa memegang ikat pinggang yang panjang hingga ke atas kepala dan membimbing buah hati berjalan selangkah demi selangkah.

Moms perlu tahu, usia 1 tahun adalah saat yang tepat untuk belajar menyeimbangkan kekuatan otot kaki. Pada usia ini, si kecil akan belajar lebih cepat sembari mengoordinasikan mata, otot pinggul dan lutut.

Jangan buru-buru khawatir

Jangan panik kalau si kecil telat berjalan atau lebih suka merangkak. Kenapa? Pasalnya bayi memang memiliki kemampuan yang unik dan berbeda. Berjalan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain:

  • Ukuran. Bayi yang gendut atau bertubuh besar sering telat berjalan karena membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi dengan kekuatan otot kaki agar bisa berjalan tegak daripada bayi yang bertubuh lebih kecil.

  • Infeksi Telinga Berulang: Kalau seorang anak berusia 16 bulan atau lebih dan telat berjalan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Karena dikhawatirkan memiliki penyakit infeksi telinga yang merusak keseimbangan cara berjalan bayi dan membuatnya telat berjalan.

  • Urutan Kelahiran: Balita yang mungkin bisa berjalan lebih cepat dari usianya, bisa jadi karena meniru saudaranya yang lebih tua. Dia termotivasi untuk berjalan karena awalnya hanya meniru dan melangkah, jadinya bisa berjalan lebih cepat deh.

Biarkan si kecil bereksplorasi

Kalau senang merangkak atau berkeliling rumah dan membuat seisi rumah berantakan, biarkan saja Moms. Anggap saja, ia sedang berinteraksi dan menjelajahi dunia dengan cara berbeda.

Eksplorasi anak akan meningkatkan kemampuan berjalan dan tugas orangtua hanya membimbing, mengarahkan dan membuatnya tetap aman.

Semoga bermanfaat!