Menu

Cegah Hipertensi dari Sekarang, Ini 5 Kebiasaan yang Mesti Diterapkan!

23 Juni 2022 12:25 WIB

Memeriksa tekanan darah. (Unsplash/Mufid Majnun)

HerStory, Jakarta —

Ketika tekanan darah tiba-tiba menaik drastis, hal ini akan menyebabkan hipertensi dan bahkan membahayakan kesehatan. Lebih parahnya lagi, apabila dibiarkan hipertensi bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung dan stroke.

Ada baiknya, kita harus selalu menjaga pola hidup sehat. Selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat juga tak perlu yang mahal, yang murah saja sudah banyak, seperti tempe, tahu, dan sayuran hijau lainnya.

Olahraga juga tak kalah penting, karena tubuh butuh digerakkan agar tak kaku. Nah, jika kita sudah menerapkan pola hidup yang sehat, mudah-mudahan kita akan selalu diberi kesehatan oleh Yang Maha Kuasa.

Nah, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi. Yang dilansir dari laman Hellosehat.

1. Monitor tekanan darah

Pengecekan tekanan darah secara rutin dapat membantu mencegah hipertensi. Pasalnya, kita akan tahu berapa kadar tekanan darah kita, jika tinggi kita akan langsung tahu dan mulai mencoba untuk menurunkannya.

Monitor tekanan darah secara berkala dapat membantu kamu menghindari hipertensi. Nah, jika hasilnya tekanan darah tinggi kamu bisa berkonsultasi langsung ke dokter untuk mendapat rekomendasi pengobatan dan penanganan yang tepat.

2. Diet sehat

Diet sehat juga menjadi langkah pencegahan yang efektif. Dengan diet sehat, kondisi kesehatan mungkin juga akan terjaga dengan baik. Jangan lupa juga untuk terus memilih menu yang sehat dan bergizi, tak perlu mahal asalkan sehat.

Ingat juga, makanan yang dipilih juga harus rendah garam, agar mencegah hipertensi dan atrial fibrilasi. Nah, jika kamu memiliki faktor risiko hipertensi, ada baiknya jika kamu berkonsultasi mengenai rencana diet sehat kamu.

3. Meningkatkan aktivitas fisik

Pola hidup yang tak sehat seperti pasif aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Mungkin, beraktivitas fisik selama 30 menit setiap hari minimalnya!

Dilansir dari penelitian di dalam jurnal Hypertension, aktivitas fisik dengan intensitas rendah direkomendasikan untuk menurunkan atau menstabilkan tekanan darah. Nah, olahraga yang intensitas rendah seperti berenang, jalan kaki, dan yoga.

4. Kelola stres dengan baik, tetaplah bahagia!

Kamu juga harus tahu! Stres juga berdampak pada kenaikan tekanan darah yang berdampak pada kesehatan kardiovaskular. 

Saat kamu merasa stres, hilangkan perasaan itu. Buat diri kamu merasa berharga dan teruslah untuk bahagia. Karena kita diberi kesempatan hidup hanya sekali di dunia ini, bukan berkali-kali.

Kamu mungkin bisa mengalihkan pikiran stres dengan melakukan kegiatan positif seperti meditasi dan yoga. Intinya, tetap jaga pikiran agar selalu tenang dan damai.

5. Berhenti merokok

Buat para pecinta rokok, kalian pasti sudah tahu kalau itu tak sehat kan! Di sini saya sarankan agar kalian berhenti merokok, karena gak sehat juga kan. Cuma buang-buang duit. Lebih baik uangnya ditabung untuk kebutuhan yang lebih penting.

Nah, gimana nih? Sudah mencoba untuk melakukannya. Kalau ada cara lain, kamu bisa komen di bawah ya. Semoga bermanfaat.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.