Menu

Enggak Cuma Yunani, Ternyata Ada 12 Zodiak Versi Suku Batak Lho! Apa Saja Ya????

10 September 2020 09:15 WIB

Zodiak. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, mungkin kamu sudah enggak asing lagi dengan deretan nama zodiak yang berasal dari Yunani. Mulai dari Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, hingga Pisces. Tapi, pernah enggak sih kamu mendengar istilah zodiak versi Suku Batak?

Ya, siapa sangka, kalau ternyata Indonesia juga memiliki zodiak yang berasal dari Suku Batak. Zodiak-zodiak ini sering disebut dengan nama Parmesana Sappuludua.

Seperti yang disebutkan beberapa sumber, perhitungan zodiak Parmesana disesuaikan dengan kalender Batak atau disebut Parhalan. Bukan menjadi suatu hal yang baru, zodiak Parmesana ini ternyata sudah ada sejak zaman nenek moyang lho!

Penasaran enggak sih dengan 12 zodiak dari Suku Batak ini? Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/9/2020), berikut 12 zodiak Parmesana yang perlu kamu ketahui.

Marumba (9 Februari-10 Maret)

Beauty, bagi kamu yang lahir di antara tanggal 9 Februari samapi 10 Maret, dalam Parmesana kamu memiliki bintang dengan simbol Hudon. Biasanya, orang Batak menyebutnya dengan Marumba.

Kamu dengan zodiak Marumba ini dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi, mudah beradaptasi, hingga memiliki banyak ide. Tapi, kamu juga dikenal sebagai orang pelupa dan kerap ingkar janji. 

Kalau bicara soal pekerjaan, pekerjaan yang cocok untuk Marumba adalah menjadi seorang guru dan tabib.

Mena (11 Maret-12 April)

Selanjutnya ialah Mena, yang disebut sebagai zodiak dengan tanggal kelahiran 11 Maret sampai 12 April. Mena ini disebut Pisces versi Batak, karena sama-sama berlambang ikan.

Bagi kamu yang lahir dengan zodiak ini, kamu itu menyukai kehidupan yang damai, enggak suka mencari keributan dan lebih sering mengalah.

Tapi sayangnya, kamu memiliki sifat yang pelit. Pekerjaan yang cocok untuk Mena ialah sebagai seorang seniman dan supir.

Gorda (13 April - 14 Mei)

Kalau si Gorda ini memiliki lambang Kambing. Buat kamu yang terlahir di antara 13 April sampai dengan 14 Mei, kamu itu dikenal memiliki wawasan yang luas. Enggak cuma itu, kamu juga suka dengan tantangan baru dan enggak muda menyerah.

Tapi sisi enggak enaknya, Gorda itu juga dikenal sebagai zodiak yang paling cengeng. Mungkin bsa dibilang agak baperan ya.

Meski cengeng, tapi kamu cocok kok kalau bekerja sebagai tentara, wartawan hingga pengembara. Wah, keren banget!

Marsoba (15 Mei-16 Juni)

Marsoba dilambangkan dengan kupu-kupu. Sesuai lambangnya, Marsoba identik sebagai pribadi yang telaten, penyabar, bisa mengatur pengeluaran, dan kemampuan merayunya di atas rata-rata pokoknya!

Karena pintar merayu, kamu cocok banget kalau bekerja di bidang pemasaran, juru runding, hingga sebagai seorang pengusaha atau bahkan seorang perawat.

Tapi kurangnya, Marsoba ini dikenal lelet dan kalau lagi marah ia akan merasa hancur dan rapuh. Makanya jangan pernah deh mengecewakan Marsoba.

Nituna (17 Juni-18 Juli)

Selanjutnya ialah Nituna. Kalau Nituna ini dilambangkan dengan cacing. Orang yang lahir dengan zodiak ini dikenal sebagai zodiak yang cerdas dan menyukai hal-hal baru.

Tapi sayangnya, Nituna ini punya sifat yang enggak konsisten alias plin-plan dengan dirinya sendiri. Kalau soal kerjaan, kamu cocok banget  berprofesi sebagai polisi, pelaut, atau bahkan volunteer.

Makara (19 Juli-20 Agustus)

Kalau Makara ini dilambangkan dengan kepiting. Makara ini dikenal sebagai sosok yang enggak suka berfoya-foya, hidupnya selalu sederhana, perasaannya halus dan penyayang binatang. Tapi masalahnya, kamu itu suka menyendiri dan bisa dibilang introvert. 

Kalau dalam hal pekerjaan, kamu cocok banget berprofesi sebagai pendeta atau ustad, petani, pengusaha, dokter, atau tentara.

Babiat (21 Agustus-22 September)

Babiat ini dilambangkan dengan singa. Babiat dikenal sebagai sosok yang jujur, pemberani, dan terus terang. Hal inilah yang membuat ia sering diberi kepercayaan.

Kekurangannya, Babiat ini dikenal mudah emosi meski mudah juga reda. 

Kamu itu, cocok banget kalau berprofesi sebagai atlet bela diri, guru, dan tentara.

Hania (23 September-24 Oktober)

Dari semua zodiak Batak, bintang ini dilambangkan dengan burung Elang. Makanya, ia dikenal sebagai sosok dengan pemikiran kritis serta enggak mudah tergoda. Saat mengerjakan sesuatu, Hania ini begitu telaten dan juga cerdik.

Dari kelebihan yang dimilikinya itu, Hania cocok bila bekerja sebagai pedagang atau distributor.

Kekurangannya, Hania sangat kritis dan hanya suka dibalik layar aja lho, Beauty.

Tola (25 Oktober - 26 November)

Selanjutnya ialah Tola yang dilambangkan dengan pohon. Tola ini selalu rapi dalam berpenampilan. Tapi sayangnya, ia begitu lamban dalam mengambil keputusan dan cenderung tertutup.

Pekerjaan yang cocok untuk Tola adalah profesi guru, petani, dokter, atau pengusaha.

Martiha (28 November-29 Desember)

Martiha ini dilambangkan dengan batu. Dengan begitu, ia dikenal sebagai sosok yang siap dalam menghadapi tantangan, dan selalu bersemangat dalam segala hal. 

Sayangnya, Martihan ini suka menyimpan rahasia dan menutupinya. Ia juga dikenal sebagai cocok yang enggak suka bersenda gurau dengan orang di sekitarnya. 

Dari kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, Martiha cocok berprofesi sebagai peneliti dan serdadu.

Dano (29 Desember-30 Januari)

Kalau Dano ini dilambangkan air. Bak air yang mengalir deras, Dano dikenal sebagai sosok dengan pemikiran cerdas. Ia juga memiliki fisik yang kuat.

Tapi jeleknya, si Dano ini suka menyombongkan kelebihanyang ia miliki. Kalau dari sisi pekerjaan, Dano cenderung cocok berprofesi sebagai intelijen dan juga guru.

Harahata (31 Januari-8 Februari)

Terakhir ialah Harahata yang dilambangkan dengan kodok. Orang yang terlahir dengan zodiak ini dikenal memiliki semangat pantang mundur dalam menghadapi tantangan.

Si Harahata ini juga selalu berpikiran positif. Tapi hal ini menjadi kekurangannya, lantaran mudah terpengaruh dan percaya dengan omongan orang lain.

Kalau dari segi pekerjaan, Harahata sangat cocok berprofesi sebagai seorang sastrawan, penyanyi, penulis, budayawan atau wartawan.

Beauty, kalau dalam zodiak Batak, kamu termasuk zodiak yang mana?

Artikel Pilihan