Menu

Keramas Pakai Garam Punya Manfaat untuk Rambut? Masa Sih? Begini Kata Ahli!

10 September 2020 09:15 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang keramas (All Things Hair/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, selama ini kita hanya tahu bahwa cara paling ampuh untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dan juga kuat adalah dengan menggunakan shampoo atau sabun pencuci rambut dan bahan-bahan lainnya. Tapi, sebuah riset mengatakan bahwa mencuci rambut dengan garam memiliki manfaat untuk rambut.

Sebuah penelitian, mencoba membuktikan hal ini dengan mencoba mengetahui pengaruh air laut atau air garama terhadap orang yang memiliki rambut enggak sehat seperti gatal, merah, dan bengkak. Rasa gatal di kepala biasanya bisa menyebabkan rambut menjadi mudah rontok karena kebiasaan kita menggaruk kulit kepala.

Diambil 33% responden dengan usia rata-rata 26 tahun untuk dijadikan sebagai pasien tes rambut. Dikutip dari artikel Hair Guard, setelah meminum air laut yang sudah dipastikan enggak berbahaya selama kurang lebih enam bulan, kadar mineral esensial termasuk kalium dan juga selenium meningkat.

Kemudian, di waktu yang sama, dengan meminum ai laut secara rutin mampu menurunkan kadar merkuri dan timbal yang dianggap berbahaya. Ditemukan hasil bahwa 27 dari 33 responden yang memiliki rambut bermasalah mengalami kondisi yang membaik.

Dari penelitian di atas didapatkan sebuah hasil bahwa air asin memiliki konsentrasi mineral dan juga vitamin yang tinggi jadi mampu memberikan sifat terapi. Kemudian, air gram dipercaya mengadung kalim dan selenium yang memliki manfaat penting untuk pertumbuhan rambut.

Mineral yang ada nantinya akan diserap ke dalam kulit dan juga kulit kepala, lalu akan menghasilkan efek antibiotic yang mampu mengurangi masalah kulit kepala seperti eksim dan psoriasis. Diketahui juga bahwa keramas dengan menggunakan air gram bisa menghilangkan kandungan berbahaya untuk rambut kamu.

Manfaat lain dari keramas dengan menggunakan air garam ialah membantu menghilangkan minyak di kulit kepala karena mampu menyerap minyak berlebih sehingga rambut kamu bisa terasa lebih halus.

Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengikuti cara berikut ini!

  1. Hangatkan air di dalam panci.
  2. Tambahkan tiga sendok makan garam laut ke dalam air tadi.
  3. Setelah larutan sudah dingin, bilas kulit kepala dengan larutan tersebut dan pijat selama enam hingga delapan menit.
  4. Kemudian bilas rambut kamu dengan air dingin.

Selamat mencoba, Beauty dan semoga bermanfaat ya!