Menu

Eits, Perhatikan! Ini 6 Daftar Makanan yang Gak Boleh Disantap saat Perut Kosong, Sudah Tahu Belum?

29 Juni 2022 08:20 WIB

Ilustrasi wanita makan siang di meja kerja. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ternyata, gak semua makanan baik untuk dikonsumsi lho! Ada beberapa makanan yang harus kamu hindari apalagi saat perut sedang kosong. Penasaran gak, makanan apa saja sih? Yuk simak ulasannya!

Diketahui, nutrisi yang sehat sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Kamu mungkin masih sedikit kesulitan mempelajari kebiasaan makan makanan sehat, terutama memilih makanan sehat saat perut kosong.

Oleh karena itu, untuk membantu kamu membuat pilihan yang tepat saat makan, mari simak berikut ini beberapa makanan yang tak boleh dimakan saat perut kosong yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Kue kering/Puff

Salah satu makanan yang perlu kamu hindari saat perut kosong yaitu kue kering/puff pastry. Pasalnya, kue jenis ininmengandung ragi yang dapat mengiritasi garis perut, yang mana ini dapat memicu sakit perut.

2. Makanan pedas

Makan hidangan pedas dengan perut kosong meningkatkan kemungkinan kamu merasakan iritasi perut. yang dapat menyebabkan reaksi asam dan kram. Makanan pedas memiliki rasa yang sangat tajam dan kuat sehingga dapat memicu gangguan pencernaan.

3. Permen

Mengkonsumsi gula saat perut kosong tak disarankan karena ketika gula memasuki perut kosong, tubuh manusia tak dapat mengeluarkan cukup insulin untuk mempertahankan kadar normalnya dalam darah. Ini juga dapat mengganggu keseimbangan asam-basa.

4. Pisang

Makan pisang saat perut kosong meningkatkan jumlah magnesium dalam darah, yang mana ini bukan kabar baik bagi jantung kamu. Pisang juga tinggi gula alami, karena 25i rata-rata pisang adalah gula. Ini memberi kamu dorongan energi awal yang hanya akan menguras energi kamu di kemudian hari.

5. Jus buah

Selain makanan, ada juga minuman yang sebaiknya dihindari saat perut kosong salah satunya yakni jus buah. Jus buah adalah makanan pokok dalam diet kita.

Namun, saat kondisi perut sedang kosong, jus buah justru memicu beban pada pankreas bertambah. Dan gula dalam bentuk fruktosa dalam buah-buahan dapat berdampak negatif pada hati kamu.

Saat membuat jus buah, beberapa serat sehat hilang karena ekstraktor jus memisahkan jus dari daging buah dan kulit yang kaya serat. Hilangnya serat dalam jus buah dapat menyebabkan lonjakan gula darah relatif lebih banyak daripada saat kita makan buah yang sebenarnya, ini menyebabkan masalah seperti diabetes atau kolesterol tinggi.

6. Minuman berkarbonasi

Penting untuk diketahui bahwa minum minuman ringan tak dapat diminum kapan saja. Minum minuman bersoda saat perut kosong dapat menyebabkan perut kembung dan terlalu banyak mengonsumsi minuman berkarbonasi meningkatkan kondisi asam di perut yang pada gilirannya dapat menjadi penyebab kanker kerongkongan. 

Demikian ulasan mengenai makanan yang tak boleh dimakan saat perut kosong. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Mari jaga kesehatan dengan tak makan atau minum sembarangan, terutama saat perut kosong.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.