Menu

Moms Perhatikan, Ini 5 Jenis Makanan yang Bisa Picu Reaksi Alergi, Catat!

30 Juni 2022 07:45 WIB

Ilustrasi meniup makanan panas (KSL.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pasri beberapa orang seringkali menunjukkan reaksi alergi ketika memakan sesuatu. Hal ini biasanya dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Mengutip dari laman Alodokter.com, bahwa reaksi alergi ini dapat terjadi akibat sistem imun tubuh yang menganggap bahwa sejumlah protein tertentu dalam makanan sebagai sebuah alergen, akibatnya tubuh akan melepaskan senyawa yang memberikan reaksi alergi. 

Gejala alergi makanan yang biasanya terjadi, yaitu : Sesak nafas, pilek, bibir bengkak, rasa gatal di area kulit, mulut, hingga tenggorokan. Lantas apa saja jenis makanan yang biasanya dapat memicu reaksi alergi? Mengutip dari laman MedicalNewsToday.com inilah 5 jenis makanan yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

1. Telur 

Telur mengandung jenis protein ovomucoid, ovalbumin, dan ovotransferrin. Jenis protein ini akan dianggap sebagai pemicu alergi pada tubuh. Biasanya gejala alergi yang ditumbulkan berupa sakit perut, gangguan pencernaan, mengi, hingga batuk.

2. Ikan

Reaksi alergi yang timbul pada beberapa orang saat mengonsumsi ikan disebabkan oleh protein jenis parvalbumin. Protein ini tak akan rusak meski ikan telah dimasak, sehingga mengonsumsi ikan baik mentah maupun yang telah matang akan tetap memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Gejala alergi yang ditimbulkan, yaitu ruam kulit, pilek, serta bersin.

3. Susu Sapi

Alergi pada susu sapi berbeda dengan intoleransi laktosa. Alergi pada susu sapi disebabkan oleh protein jenis kasein dan whey, bukan karena adanya gula laktosa pada susu. Gejala alergi susu sapi yang biasanya terjadi, yaitu gatal - gatal, diare, serta muntah. Sementara itu jika alergi susu sapi terjadi pada bayi, maka akan di tandai dengan kolik serta eksim. Alergi susu sapi juga dapat diakibatkan oleh berbagai jenis produk olahan yang menggunakan susu sapi sebagai bahan dasar pembuatannya.

4. Berbagai Jenis Kacang - kacangan

Almond, hazelnut, kacang brazil, kacang mete, hingga almond merupakan jenis kacang - kacangan yang dapat memberikan reaksi alergi pada beberapa orang.  Gejala alergi yang timbul bisa berupa gatal-gatal, muntah, tekanan darah rendah, atau kesulitan menelan. 

5. Kerang

Berbagai jenis kerang juga dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Gejala yang timbul akibat alergi kerang, meliputi: mual, muntah dan mengi. Alergi kerang seringkali dapat menyebabkan reaksi yang parah, bahkan gejala alergi kerang dapat terjadi dengan hanya menghirup uap dari kerang yang sedang dimasak. 

Itulah 5 jenis makanan yang dapat menyebabkan reaksi alergi. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan yang menyebabkan terjadinya reaksi alergi tersebut, semoga bermanfaat.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.