Menu

Moms Harus Tahu! Beberapa Jenis Obat Ini Berbahaya Lho untuk Si Kecil

14 September 2020 15:00 WIB

Ilustrasi kumpulan obat. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Saat si kecil sakit, tentu saja hal tersebut membuat para moms menjadi sangat khawatir kepadanya. Terkadang sangking khawatirnya, moms seringkali membelikan beberapa obat-obatan yang dapat mengobati rasa sakit si kecil tersebut. 

Namun sebelum membelikan obat-obatan untuk si kecil, perlu lho moms untuk mengetahui jenis obat tersebut, hal itu perlu dilakukan karena usia si kecil masih sangat sensitif terhadap efek samping dari obat tertentu.

Melansir dari Popmama.com, Berikut ini merupakan beberapa jenis obat yang harus dihindari:

Obat yang mengandung acetaminophen dan berpengaruh pada saraf otak anak

Walaupun acetaminophen dikenal sebagai jenis obat yang dapat mengurangi demam atau rasa nyeri,namun nyatanya acetaminophen dianggap sebagai salah satu jenis obat anti inflamasi non-steroidal atau biasa disebut NSAID. Hal tersebut dapat mempengaruhi perubahan temperatur dan saraf otak anak. 

Jika moms ingin memberikan si kecil obat yang mengandung acetaminophen, ada baiknya meminta persetujuan dokter terlebih dahulu sebelum memimunkan anak dengan jenis tersebut.

Aspirin yang biasa disebut salicylate dan dapat merusak organ hati

Moms, jangan pernah memberikan obat yang mengandung aspirin atau asam asetilsalisilat kepada si kecil. Jenis obat yang mengandung aspirin bisa menyebakan Reye's syndrome, yakni suatu kondisi berbahaya yang bisa mengubah zat-zat kimia dalam darah dan merusak fungsi beberapa organ hati maupun otak anak. Reye’s syndrome termasuk penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Jenis obat aspirin sering ditemui diberbagai apotek dan kadang disebut dengan nama salicylate, namun jika memang membutuhkan jenis obat tersebut untuk mengurangi demam atau rasa sakit lain pada si kecil, ada baiknya moms harus mengkonsultasikannya dengan dokter.

Obat anti mual dan muntah yang dapat menimbulkan komplikasi pada anak

Para moms tentu merasa khawatir saat si kecil mengalami mual muntah. Tetapi bukan berarti Moms dapat langsung memberikan obat anti mual kepada si kecil. Tahukah moms, pada saat si kecil mengalami mual dan muntah hal tersebut merupakan fase yang singkat dan tanpa harus meminum obat apa pun kecuali oralit saat ia sudah mulai dehidrasi. Sebab obat anti mual muntah memiliki risiko buruk pada kesehatannya dan menimbulkan komplikasi berkelanjutan pada anak.

Walaupun moms meras khawatir saat si kecil sedang sakit, ada baiknya jika memperhatikan berbagai jenis obat dan kandungan yang terdapat dalam obat tersebut ya Moms. Semoga bermanfaat!