Menu

Segera Lakukan! 3 Cara Jago Bahasa Inggris dengan Cepat dan Menyenangkan

30 Juni 2022 15:05 WIB

Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Pinterest/freepik)

HerStory, Medan —

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional hingga dibutuhkan di berbagai kesempatan, baik dalam pendidikan maupun mencari kerja. Di era yang modern dan terbuka ini, kemampuan bahasa Inggris sangat penting untuk bertahan dan bersaing di pasar internasional.

Mempelajari bahasa baru memiliki tantangan tersendiri. Namun, di saat yang sama ada kepuasan tersendiri yang didapatkan kita kamu berhasil menguasai bahasa tersebut.

Ternyata ada cara belajar yang menyenangkan sekaligus menambah wawasan, lho. Yuk, ikuti 3 cara belajar bahasa Inggris dengan cepat berikut ini, Beauty!

1. Menonton Serial atau Film Berbahasa Inggris dengan Subtitle Bahasa Inggris

Menonton serial berbahasa Inggris terlihat sangat sederhana namun cukup efektif membantu kamu dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dibantu dengan subtitle Bahasa Inggris, kamu dapat mengumpulkan banyak kosa kata baru.

Selain itu, penggunaan subtitle Bahasa Inggris juga membantumu memahami cara pengucapan dengan benar serta membuat telingamu lebih familiar dibandingkan dengan subtitle Bahasa Indonesia.

2. Membaca Buku Cerita dalam Bahasa Inggris

Daripada membaca buku pelajaran dalam Bahasa Inggris, bacaan ringan seperti buku cerita akan lebih membantumu untuk belajar Bahasa Inggris. Tentukan genre buku kesukaanmu dan carilah versi bahasa Inggrisnya.

Jangan menerjemahkan kata demi kata selama membaca cerita. Tebak kata-kata yang tidak kamu ketahui dan highlight kata itu. Setelah selesai membaca 1 bab misalnya, pergi ke mesin terjemahan atau buka kamus dan bandingkan kata Bahasa Inggris yang kamu tebak artinya tadi dengan arti sesungguhnya.

Hal ini terbukti membuat ingatanmu lebih tajam terhadap kosa kata dalam Bahasa Inggris. Buku cerita yang menarik juga membuat pembaca tidak mudah bosan dan ingin selalu membalik setiap halaman untuk mencari tahu akhir dari cerita tersebut. Jadi, pastikan cerita yang kamu baca dapat menarik perhatianmu dengan baik.

3. Mendengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Mendengarkan podcast akhir-akhir ini menjadi sebuah tren dikalangan remaja. Pasalnya, topik-topik yang diangkat sangat beragam dan menarik. Mendengarkan podcast juga dapat membantu kamu belajar Bahasa Inggris.

Kamu dapat mencari podcast berbahasa Inggris dengan topik yang menarik. Karena podcast cenderung informal, Bahasa Inggris yang digunakan biasanya merupakan Bahasa Inggris sehari-hari yang dapat segera diaplikasikan di kehidupan nyata. Maka dari itu, podcast adalah salah satu alternatif paling baik untuk seseorang yang ingin mempelajari bahasa baru.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.