Menu

Ampuh Turunkan Kadar Kolesterol Jahat, Ini Manfaat Cuka Apel yang Bisa Kamu Coba...

01 Juli 2022 16:00 WIB

Cuka apel. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Enggak sedikit orang yang menderita kolesterol tinggi. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan dibiarkan tentu bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih berbahaya.

Para penderita kolesterol tinggi biasanya mengonsumsi obat-obatan untuk menurunkannya. Namun, ternyata ada alternatif lain yang bisa kamu coba, salah satunya dengan cuka apel.

Cuka apel diyakini memiliki fungsi yang baik untuk meluruhkan kolesterol jahat dalam darah. Mengenai hal tersebut, dr. James Brown dari Aston University di Inggris pernah melakukan penelitian.

Dalam penelitiannya tersebut, ia melakukan dua kali percobaan terhadap 40 orang relawan. Empat puluh orang ini diberikan cuka apel secara rutin dalam beberapa hari.

Hasil dari penelitian tersebut, dr. James Brown melihat penurunan kolesterol total yang signifikan dalam darah hanya dalam delapan pekan.

Melansir dari laman Healthy Cholesterol Club, cuka apel dapat membantu mengendalikan renin atau hormon yang diproduksi ginjal. Hormon tersebutu bertanggung jawab menyempitkan dan melebarkan pembuluh darah.

Nah, saran mengonsumsi cuka apel dengan tujuan menurunkan kadar kolesterol adalah dikonsumsi sebelum makan. Ini dipercaya bisa memaksimalkan kinerja cuka apel yang sudah ada di dalam tubuh sebelum makanan masuk.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengolah cuka apel. Kamu bisa memasukkannya ke dalam menu harianmu.

Namun, salah satu cara yang mudah adalah meenambahkan cuka apel dan minyak zaitun ke dalam sayuranmu. Cara paling mudah adalah melarutkannya di dalam air hangat.

Nah, itulah manfaat cuka apel untuk menurunkan kolesterol. Mau coba?

Artikel Pilihan